260 Petugas TPS Ikuti Apel Siaga, Pesan Kapolsek Muntilan Membuat Merinding

MAGELANG | Komandan Koramil 14/Muntilan Kapten Inf Sunarto dan Kapolsek Muntilan AKP Abdul Muthohit, SH, MH menghadiri apel siaga masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kecamatan Muntilan di lapangan kompleks perkantoran Forkopimcam Muntilan, Minggu (11/2/2024) pagi.

Selain itu, tampak pula hadir Camat Kecamatan Muntilan, serta perangkat kecamatan, pengurus Bawaslu Kecamatan dan pengurus parpol peserta pemilu tingkat kecamatan.

Apel siaga pengawasan masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 dipimpin Ketua Bawaslu Kecamatan Muntilan Faizatul Umayah, S.IP dan diikuti sebanyak 260 pengawas TPS se Kecamatan Muntilan.

Disela apel siaga ini, Kapolsek AKP Abdul Muthohir pun memberikan pesan yang menggetarkan dan membuat merinding. Pasalnya, momentum apel hari ini kata Kapolsek Muntilan bahwa dari Forkopimcam Muntilan menyampaikan agar pengawas TPS hendaknya tidak main-main dalam menjalankan tugasnya nanti di TPS. Mereka (pengawas TPS) hendaknya bekerja dengan baik sesuai regulasi dan profesional. 

Oleh sebab itu, lanjut Kapolsek Muntilan menyatakan para petugas di TPS lebih mengedepankan pencegahan pelanggaran guna mendukung pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). 

“Kami dari Forkopimcam Muntilan, hanya minta petugas ini bisa bekerja secara profesional dan meninggalkan egonya sebagai warga biasa seperti sebelum menjabat sebagai petugas pengawas TPS. Karena ketika sudah petugas di TPS, maka dia sudah bekerja profesional dan netral,” kata AKP Abdul Muthohir, Minggu (11/2/2024) pagi. 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kecamatan Muntilan, Faizatul Umayah, S.IP mengatakan, masa tenang ini saat yang krusial, dimana petugas Pengawas TPS di wilayah masing-masing harus menguatkan pengawasan dan memastikan penyelenggara bisa mengawas dengan baik.

Ia menambahkan, apel siaga ini sebagai bentuk kesiapan pengawas pemilu dalam menghadapi masa tenang pada Pemilu sendiri tepatnya pada tanggal 11 Februari dan juga pengawasan pada saat pemungutan dan perhitungan suara.

“Apel siaga ini bertujuan untuk memastikan seluruh jajaran pengawas sampai ke tingkat TPS siap menjalankan tugas, demi suksesnya Pemilu tahun 2024 ini,” kata Faizatul Umayah. 

Dalam kerja pengawasan ini pihaknya turut dibantu oleh turut didampingi peta gas keamanan dari TNI dan Polri setempat yakni Polsek Muntilan dan Koramil 14/Muntilan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu menginstruksikan kepada semua pengawas TPS untuk menjaga netralitas sebagai penyelenggara.

Ditambahkan Ketua Bawaslu Kecamatan Muntilan, usai Apel Siaga pagi ini, pihaknya langsung bergerak melakukan penertiban APK (Alat Peraga Kampanye) dengan didampingi petugas keamanan. 

Ketua Bawaslu Kecamatan Muntilan juga menambahkan bahwa wilayah Kecamatan Muntilan terdapat 260 TPS. Dari 260 TPS yang ada, 1 TPS Khusus di kompleks Asrama SMA Vanlid Muntilan. (Muiz)