TMMD Ke 121 Segera Digelar Diseluruh Kodam

Kodam IX UDY865 views

Denpasar – Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Brigjen TNI Hartono, S.I.P., mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 TA. 2024 yang dilaksanakan secara Video Conference di Command Center Soekertijo, Makodam IX/Udayana, Denpasar, pada Rabu 10 Juli 2024.

Terpusat di Mabesad, Rakornis TMMD ke-121 yang dipimpin oleh Waaster Kasad Bidang Tahwil Komsos dan Bakti TNI Brigjen TNI Taufiq Shobri tersebut diikuti oleh 50 Kabupaten dan Kota yang melaksanakan program TMMD Ke-121 Tahun 2024.

Selaku Pati Bidang Perencanaan PJO TMMD, Aster Kasad dalam sambutannya yang dibacakan oleh Brigjen TNI Taufiq Shobri menyampaikan bahwa Rakornis merupakan Tahap Persiapan sebelum pelaksanaan TMMD yang membahas berbagai program pembangunan dari Pemda, Kementerian, Lembaga dan Mitra TNI yang dapat disinergikan pada pelaksanaan TMMD ke-121 TA. 2024.

“Ungkapan terima kasih disampaikan kepada para Bupati/Walikota serta jajarannya yang telah berkomitmen mengalokasikan APBD-nya untuk mendukung Program TMMD ke-121 TA. 2024. Terima kasih juga ditujukan kepada jajaran Kementerian, Lembaga Pemerintah non-Kementerian dan Mitra TNI yang selama ini telah mendorong serta mendukung program TMMD, sehingga dapat berjalan dengan optimal,” ujar Aster Kasad.

Dalam penentuan sasaran TMMD, Aster Kasad menekankan agar para Dandim aktif berkoordinasi dengan Pemda, stakeholder berbagai bidang dan tokoh masyarakat di daerah untuk membuat dan menentukan sasaran skala prioritas. Mekanisme kerja untuk merealisasikan sasaran harus memperhatikan output dan outcome sehingga tepat sasaran, baik dari aspek ekonomi maupun pertahanan.

“Bersamaan dengan pelaksanaan program ini, juga dilaksanakan Lomba Karya Jurnalistik dan Dansatgas Terbaik TMMD ke-121 TA. 2024 yang pesertanya dari para Dansatgas TMMD dan Wartawan Media Cetak/Online serta Media Elektronik baik tingkat nasional maupun daerah,” demikian pungkas Aster Kasad dalam sambutannya.

Kegiatan Rakornis tersebut juga diikuti oleh Danrem 161/WS dan Danrem 162/WB di wilayahnya masing-masing. Turut hadir di Makodam antara lain Aster Kasdam IX/Udayana, Kasrem 163/WSA, Wakapendam IX/Udayana, Dandim 1610/Klungkung, Bupati Klungkung, serta Ketua DPRD dan Kepala Bappeda Kabupaten Klungkung. (Pendam IX/Udy)