Acara kegiatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SWA 1445 H / 2024 M Dihadiri Personel Koramil 09/Tiga Balata Kodim 0207/Simalungun

Simalungun  |  Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dilaksanakan untuk memperingati perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem, serta peristiwa sang Rasul melakukan perjalanan ke langit. Kehadiran Babinsa dalam acara tersebut menunjukkan penghargaan terhadap momen penting dalam agama Islam, serta menampilkan dukungan terhadap kegiatan keagamaan masyarakat. Dalam acara tersebut, disampaikan hikmah dari peristiwa Isra Miraj, di mana Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit hingga sampai ke Sidratul Muntaha. Selain itu, acara juga diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan doa bersama.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Tiga Balata jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Iskandar Khan turun kewilayah binaan bersama Masyarakat Muslim Nagori Sibunga-bunga untuk turut serta melaksanakan menghadiri acara kegiatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SWA 1445 H/2024 M, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Halaman Mesjid Ar-Rahman Dusun Dua Nagori Sibunga-bunga Kecamatan Jorlang Hataran Kabupaten Simalungun, Minggu (25/02/2024).

Ceramah Isra Mi’raj dibawakan oleh Ustadj Muhammad Idris dengan tema Untuk Menguatkan Keimanan, Ketakwaan dan Solidaritas Sosial di Tengah Era Digital, dalam sambutannya Babinsa Serda Iskandar Khan menyampaikan pentingnya menjaga kerukunan umat beragama dalam keseharian sebagai bentuk dari kecintaan terhadap bangsa dan negara serta upaya untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024, semoga acara peringatan Isra Mi’raj ini dapat memberi dampak positif bagi kehidupan sosial masyarakat setempat dan semakin mempererat tali silaturahmi antar warga, ucapnya.

Acara yang menandai perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW ini bertujuan untuk memperkuat keimanan dan ketaqwaan masyarakat Islam. Para peserta yang hadir berpartisipasi dalam pengajian, ceramah rohani, dan diskusi mengenai pentingnya Isra Mi’raj dalam ajaran Islam. Perlu diketahui bahwa Isra Mi’raj merupakan perjalanan spiritual yang signifikan yang memiliki dampak besar pada keyakinan dan praktik komunitas Muslim. ​Isra Mi’raj adalah peringatan yang memperingati perjalanan malam Nabi Muhammad dari Makkah ke Yerusalem dan perjalanan spiritualnya ke langit. Acara tersebut mungkin diadakan untuk memperkuat keimanan dan meningkatkan pengetahuan tentang perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW. Acara ini juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk mempererat rasa persaudaraan antar umat muslim dan memperkuat kerukunan umat beragama, tutup Babinsa Serda Iskandar Khan.