Air Staff Talks TNI AU – IAF di Seskoau

TNI AU927 Dilihat

OKEBUNG|
Danseskoau Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., selaku Ketua Delegasi TNI Angkatan Udara didampingi Waasops Kasau Marsma TNI Wayan Superman menyambut kedatangan Asisten Intelijen Indian Air Force Air Vice Marshal Rajiv Kumar Obheroi beserta rombonan delegasi di Bangsal Vacana, Seskoau, Lembang, Bandung Barat. Rabu (19/1/2023).

Mewakili TNI Angkatan Udara, Danseskoau mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Air Vice Marshal Rajiv Kumar Obheroi telah meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini.

“Suatu kehormatan bagi saya selaku delegasi TNI Angkatan Udara dapat berinteraksi secara langsung dan menjadi pengalaman berharga bagi Seskoau mendapat kunjungan kehormatan ini,” ujar Danseskoau.

Pada kesempatan itu, disampaikan bahwa kerja sama antara TNI AU dan IAF telah terjadi dengan sangat baik selama bertahun-tahun, serta sepakat untuk mempromosikan kemitraan dalam pertahanan berdasarkan prinsip kesetaraan, saling menguntungkan, dan rasa hormat yang tinggi satu sama lain.

“Kita semua memiliki semangat yang tinggi untuk bekerja sama dalam suasana yang bersahabat guna membangun dan mengembangkan ikatan antara kedua Angkatan Udara,” ujarnya.

Melalui air staff talks, Danseskoau mengajak untuk berbagi ide dan saran terbaik sebagai upaya meningkatkan kualitas kerja sama yang telah terjalin selama ini.

Selanjutnya Air Vice Marshal Rajiv Kumar Obheroi menyampaikan rasa terima kasih setinggi-tingginya kepada TNI Angkatan Udara dan Seskoau atas penyambutan yang luar biasa selama lawatannya ke Indonesia, karena dalam dua tahun terakhir belum dapat bertatap muka dikarenakan pandemi Covid-19.

“Covid-19 juga menjadi salah satu kendala beberapa kegiatan pendidikan dan latihan, dan melalui meeting kali ini dapat dibahas lebih mendalam program kerja sama yang dapat dilakukan di tahun depan,” ujarnya.

Lanjut dikatakan bahwa apabila melihat sejarah beberapa abad lalu di mana telah terjalin kerja sama yang sangat baik antara kedua Angkatan Udara, Indonesia dengan India. Salah satunya program yang akan diteruskan yaitu keikutsertaan Perwira Indian Air Force dalam pendidikan Seskoau, kemudian beberapa program latihan yang ditawarkan oleh IAF kepada TNI AU diantaranya transport aircraft operation and maintenance crew, operational and weapon training, latihan bersama, profesional military education, dan medical training and courses.