Aksi Cepat Tanggap Yonif 330 Kostrad Berikan Bantuan Pasca Angin Puting Beliung Melanda Rancaekek

Kostrad290 Dilihat

Jakarta. Yonif 330 Kostrad, satuan elit TNI AD di bawah Kostrad, kembali menunjukkan keberadaannya dalam membantu penanganan bencana. Kali ini, mereka turun tangan untuk memberikan bantuan mendesak pasca angin puting beliung melanda Rancaekek, Kabupaten Bandung. Rabu (21/2/24) sore.

Sebanyak 21 anggota tim evakuasi dipimpin oleh Letda Inf Alten Priyanamara langsung menuju lokasi bencana dengan menggunakan 1 Truk NPS dan 1 unit mobil ambulance. Mereka membawa perlengkapan evakuasi seperti tenda, veldbed dan obat-obatan.

“Atas perintah Danyonif 330 Kostrad yang sedang berada di Papua, kami segera mengirimkan tim evakuasi ke lokasi bencana untuk membantu penanganan pasca bencana angin puting beliung,” ujar Letda Inf Alten.

Setelah tiba di lokasi terdampak, para anggota Yonif 330 Kostrad segera mendirikan tenda darurat untuk memberikan tempat berlindung bagi korban. Mereka juga memberikan pertolongan pertama kepada korban yang terluka ringan dan membantu proses evakuasi korban yang membutuhkan perawatan medis lebih lanjut.

Letda Inf Alten menjelaskan bahwa selain korban luka, sejumlah rumah dan bangunan di Rancaekek mengalami kerusakan parah akibat angin puting beliung.

“Kami akan bekerja sama dengan semua pihak terkait, termasuk BPBD, PLN, pihak desa, dan Apkam TNI-Polri, untuk mempercepat proses evakuasi dan penanganan pasca bencana. Kami mengingatkan semua pihak untuk tetap waspada karena listrik masih padam dan cuaca masih tidak menentu,” tambahnya. (Penkostrad).