Anggota Rindam IV/Diponegoro Gelar Upacara Bendera

OKEBUNG | Rindam IV/Diponegoro menggelar upacara bendera di Lapangan Dalam Makorindam, Magelang, Jawa Tengah, Senin, 9 Januari 2023 pagi.

Upacara bendera diikuti peserta dari seluruh Prajurit dan PNS Rindam IV/Diponegoro wilayah Magelang. Bertindak selalu Inspektur Upacara yakni Katim Gumil, Letkol Inf Hariadi, S.Sos

Mewakili Danrindam IV/Diponegoro Kol Inf Mochamad Arief Hidayat, Letkol Inf Hariadi mengatakan upacara bendera Senin pagi, merupakan agenda rutin dilaksanakan di lingkungan militer, termasuk di Rindam IV/Diponegoro.

Tujuan upacara tersebut, untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Selain itu, kegiatan ini juga bisa memupuk cinta tanah air, rasa nasionalisme sebagai anak bangsa.

“Upacara bendera ini upaya mewujudkan tujuan pendidikan yaitu menanamkan sikap disiplin, kerja sama, percaya diri dan tanggung jawab. Serta mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan pendidik dan peserta didik,” ujar Letkol Inf Hariadi.

Dikatakan, salah satu poin penting upacara bendera ialah menumbuhkan rasa nasionalisme Prajurit Rindam IV/Diponegoro dan PNS. Pasalnya, nasionalisme merupakan jiwa bangsa Indonesia yang harus melekat selama negara ini masih berdiri. (Muz)