Antisipasi Banjir, Babinsa Koramil Legok terjun langsung bersihkan Sungai Cimanceri

Kodam Jaya364 Dilihat

Kodam Jaya – Tigaraksa, Untuk mengantisipasi banjir dan bibit penyakit pada musim hujan, Babinsa Koramil 03/Legok-Kodim 0510/Tigaraksa Koptu Usep turun langsung bersama Pemerintah Kecamatan Legok, Pemdes Babat dan Masyarakat membersihkan tumpukan sampah yang menumpuk di Sungai Cimanceri, di Kampung Babat Lebak RT 01 RW 02 Desa Babat, Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang, Kamis (04/01/2024).

Kegiatan dilaksabakan dengan gotong-royong dengan tujuan untuk menormalisasi aliran Sungai Cimanceri agar tidak terjadi hambatan air yang bisa mengakibatkan luapan air/banjir di sekitar sungai. Selain itu, juga untuk menumbuhkan semangat gotong royong/kebersamaan di antara seluruh lapisan masyarakat.

Di hubungi terpisah, Danramil 03/Legok mengatakan kerja bakti tersebut dilaksanakan sebagai langkah antisipasi banjir, dan wabah penyakit, mengingat pada saat ini sudah masuk musim penghujan dengan curah hujan yang cukup tinggi.

“Untuk mencegah datangnya banjir dan menghindari wabah penyakit yang dapat menjangkit warga masyarakat sekitar, Pembersihan saluran air kami lakukan bersama antara Pemerintah Kecamatan, Pemdes, Babinsa dan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Ia menambahkan untuk memperlancar saluran air kami menormalisasi aliran sungai, sehingga aliran sungai menjadi bersih dan ancaman banjir bisa diminimalisir.

Sementara, Koptu Usep menuturkan, Babinsa haruslah memberikan motivasi kepada warga untuk selalu peduli akan kebersihan lingkungan termasuk kebersihan sungai, tempat tinggal, ataupun selokan di sekitar rumah. Kalau tidak dibersihkan nantinya parit menjadi sumbat dan akibatnya bisa menjadi banjir di lingkungan tersebut dan juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit terutama di saat musim hujan datang.

Hadir dalam kegiatan H. Sony Karsan, S.Sos. MM. (Camat Legok), Bpk. Alhujaepi (Sekdes Babat), Ibu Hj.Yuliah (Pemberdayaan Kec. Legok), Bpk. Ahmad Dasusi (Kasi Binwil Kec. Legok), Bpk Edi, S.E. (Kasi Transtib Kec. Legok), Satpol PP Legok dan Staf Desa Kec. Legok, RT dan RW serta Warga sekitar.

Sumber kodim 0510/Tigaraksa