Antisipasi Banjir Dan Penyebaran Penyakit, Kodim 0618/Kota Bandung Bersihkan Tumpukan Sampah

BANDUNG|
Puluhan personel TNI dari Kodim 0618/Kota Bandung beserta unsur Forkopimcam dan masyarakat turun melakukan aksi gelar pembersihan dan pengangkatan sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) RT 03/03 Kelurahan Cibaduyut Wetan Kecamatan Bojongloa Kidul, Jum’at (26/01).

Aksi bersih bersih lingkungan di wilayah Koramil 1813/BJKL, diikuti oleh jajaran Koramil 1814/BK, unsur Forkopimcam Kecamatan Cibaduyut Wetan, unsur Kelurahan, LPM serta masyarakat.

Dandim 0618/Kota Bandung Kolonel Inf Donny I Bainuri melalui Danramil 1814/BK Kapten Arh Hadi Susyanto, aksi pembersihan sampah sebagai upaya antisipasi awal terhadap bencana.

” Sampah yang menumpuk selain menimbulkan bau tidak sedap, ketika turun hujan sampah tersebut kerap terbawa air hujan masuk saluran air dan menyebabkan penyumbatan,” ujar Danramil 1814/BK yang didampingi Danramil 1813/BJKL Kapten Arm Heru S.

Oleh sebab itu lanjut Kapten Arh Hadi Susyanto, Kodim 0618/Kota Bandung mengerahkan personel dengan mengajak masyarakat turun untuk mengatasi masalah tersebut.

Terlihat di lapangan, seluruh anggota TNI dan masyarakat bahu membahu mengangkat sampah di TPS untuk diangkut dengan menggunakan mobil dump truk.

” Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam mencegah bencana banjir dan penyebaran penyakit dari lingkungan yang kotor, pelibatan semua unsur bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, karena menjaga kebersihan lingkungan merupakan tugas bersama,” tutur Danramil.

Menurut Kapten Arh Hadi Susyanto, sampah yang menumpuk diangkat dengan menggunakan tiga (3) mobil Dump truk untuk selanjutnya dibuang ke TPA.

Selain membersihkan tumpukan sampah, anggota TNI bersama warga juga menyisir beberapa lokasi untuk membersihkan sampah yang tercecer Akibat terbawa air saat hujan turun.

patriot.co.id