Antisipasi Bencana, Pangdam II/Sriwijaya Dukung LCR Ke Kodim 0419/Tanjab

SUMSEL|
Untuk mengantisipasi bencana alam sebagaimana yang terjadi dibeberapa wilayah, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil akan mendukung Kodim 0419/Tanjung Jabung berupa Landing Craft Rubber (LCR).

Hal tersebut disampaikan Kapendam II/Sriwijaya, Kolonel Arh Saptarendra P, dalam rilisnya, Palembang, Sumsel, Kamis (11/01/2024).

Kapendam mengungkapkan, komitmen dalam membantu pemerintah dan masyarakat, khususnya yang berada di wilayah Jambi itu disampaikan Pangdam II/Swj saat melaksanakan Kunker di Kodim 0419/Tanjab.

“Saat Kunker ke Kodim 0419/Tanjung Jabung, Rabu (10/01/2024), tidak hanya dalam hal isu Pemilu, Pangdam juga memerintahkan satuan jajaranya untuk siap siaga dalam hal mengantisipasi bencana alam, khususnya banjir dan kemungkinan longsor akibat hujan,” ujar Kol Arh Sapta.

“Seperti yang terjadi dibeberapa wilayah, kondisi alam di Indonesia, khususnya Sumbagsel, dalam hal ini Jambi juga rentan terjadi bencana banjir seperti meluapnya sungai Batanghari yang terjadi saat ini,” imbuhnya.

Dihadapkan dengan kondisi wilayah dan potensi yang ada, lanjut Sapta, maka Pangdam akan mendukung Kodim 0419/Tanjung Jabung berupa LCR.

Landing Craft Rubber atau LCR adalah perahu karet yang bisa digunakan untuk kegiatan rescue banjir dan bencana alam.

Selain upaya penanganan korban, Kodam II/Swj juga telah memerintahkan seluruh satuannya yang ada di wilayah Sumbagsel untuk melakukan upaya mitigasi bencana seperti penanaman pohon, pembersihan aliran sungai dan kegiatan lainnya.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, LCR bisa segera didatangkan. Ini tentunya juga menindaklanjuti perintah Panglima TNI dan Kasad dalam membantu pemerintah dan masyarakat, khususnya yang terdampak bencana alam,” pungkasnya.