Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pemilu, Pangdam Jaya Minta Prajurit Tingkatkan Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Tinggi

Kodam Jaya740 Dilihat

Kodam Jaya/Halim Perdana Kusuma. TNI menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu Tahun 2024, bertempat di Taxy Way Echo Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Kamis (01/02/2024).

Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Mohamad Hasan selaku Dankogartap I Jakarta memimpin Apel Kesiapan Pemilu Ta 2024 yang diikuti sebanyak 2.420 personel TNI dari Tiga (3) Matra yang terdiri dari TNI AD (Kodam Jaya, Kostrad dan Puspomad) TNI AU (Kopasgad) TNI AL (Marinir) serta Alusista masing-masing TNI yang digelar.

Apel Gelar Pasukan tersebut diikuti oleh prajurit Satpur, Satbanpur dan aparat Komando Kewilayahan.

Dalam sambutannya Pangdam Jaya menyampaikan, gelar pasukan itu bertujuan untuk menegaskan komitmen tugas dan kesiapsiagaan prajurit dan satuan jajaran Kodam Jaya yaitu dalam mengamankan wilayah ibukota selama penyelenggaraan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden dan Pemilihan Legislatif Tahun 2024 yang akan digelar pada tanggal 14 Februari nanti.

Menyikapi hal tersebut Pangdam Jaya menekankan kepada prajurit dan unsur pimpinan satuan, agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan yang tinggi guna mengantisipasi segala kemungkinan dan perkembangan situasi yang terjadi di wilayah.

Selain itu pedomani Rule Of Engagement (aturan pelibatan) perbantuan kepada Polri maupun Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengatasi setiap gangguan keamanan pesta demokrasi.

“Ikuti prosedur tetap yang telah digariskan oleh pimpinan dengan memegang teguh Netralitas TNI”, tegas Pangdam Jaya.

“Dalam rangka mendukung kelancaran tugas di lapangan, saya ingatkan agar para prajurit menjalin hubungan kerjasama dan koordinasi yang baik dengan aparat-aparat terkait dan selalu memelihara jumlah kekuatan personel, sehingga dapat menjamin keamanan dan kelancaran penyelenggaraan pemilihan Presiden/Wakil Presiden dan pemilihan Legislatif”, tambahnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kasal Laksamana TNI Muhammad Aji, Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto S.IK, MH dan para pejabat TNI.

(Sumber Pendam Jaya)