Asah Profesionalisme, Prajurit Yonif 3 Marinir Perdalam Materi Pandu Para

Marinir, TNI AL15 Dilihat

Okebung

TNI AL, Kormar (Sidoarjo). Dalam rangka persiapan Satgas Marinir Pam Ambalat XXIX TA. 2023, Prajurit Yonif 3 Marinir memperdalam materi Pandu Para di Kelas Lapangan Yonif 3 Marinir, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Jumat (13/01/2023).

Kegiatan pelajaran Pandu Para tersebut dilaksanakan dalam rangka mengasah naluri tempur Prajurit Yonif 3 Marinir, tidak menutup kemungkinan ke depannya akan dihadapkan dengan problem dukungan logistik dan evakuasi medis dengan cara tranportasi udara mengunakan heli, karena Pilot tidak mengetahui atau mengenal medan, maka tim Pandu Heli yang menyiapkan landasan untuk mendaratkan Heli.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mendaratkan/memandu heli, tahap pertama setelah pesawat datang yaitu mengangkat kedua tangan lurus ke atas, setelah itu mengarahkan tangan sejajar ke depan, itu menunjukkan pesawat harus parkir di sana. Setelah itu, tangan kembali lurus membentang ke kiri dan ke kanan pertanda pesawat harus lurus. Kemudian jika hendak mengarahkan pesawat ke kanan atau ke kiri, tangan tinggal diangkat setengah saja. Hingga mematikan mesin pilot harus sesuai dengan instruksi marshaler.

Komandan Batalyon Infanteri 3 Marinir Letkol Marinir Mintarjo, S.H., M.Tr.Opsla menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menyiapkan prajurit dalam pelaksanaan pengamanan personel di daerah penugasan, oleh karena itu wajib bagi prajurit Batalyon Infanteri 3 Marinir menguasai materi Pandu Para.