Atasi Pemalakan, Yonif Raider 300/Bjw Kawal Distribusi Bansos Korban Gempa ke Sasaran

Kodam Siliwangi557 Dilihat

OKEBUNG|
Untuk menanggapi terjadinya kejadian seperti video viral yang dilakukan oknum warga dalam video terlihat yaitu terdapat tiga orang warga menghadang ambulans yang rencananya akan menyalurkan bantuan untuk korban gempa di suatu kampung, dan meminta pengemudi ambulans menurunkan paket bantuan di lokasi akan tetapi permintaan itu ditolak. Akibatnya, ambulans tersebut balik kanan tidak jadi menyalurkan bantuan tersebut ke tujuan. Mengamati dari kejadian tersebut, Yonif Raider 300/Brajawijaya terjunkan motoris untuk mengawal pendistribusian Bansos di Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut yang disampaikan Komandan Batalyon Infanteri Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Inf Afri Swandi Ritonga, S.I.P. disela-sela kegiatan pendistribusian Bansos kepada warga korban gempa di daerah Desa Sarampad Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Kamis (01/12/2022).

Dijelaskan Danyonif Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, video viral itu benar adanya karena banyak keluhan dari para masyarakat atau relawan yang akan menyalurkan Bansos ke lokasi dengan motif oknum warga tersebut yang menghadang dan memalak relawan adalah karena kebanyakan daerah mereka belum mendapat bantuan dan sudah kekurangan logistik maka mereka terpaksa melakukan tindakan yang sepatutnya tidak dilakukan itu.

Dengan kehadiran Tim Motoris Yonif Raider 300/Bjw sangat disambut baik oleh relawan, disampaikan oleh Bapak Koko Suherlan (49 Th) dari CV. Jaya yang merasa terbantu dengan adanya pengawalan karena Bansos yang dibawa dapat disalurkan tepat sasaran di lokasi bencana yaitu di daerah bencana Gunung Lanjung II tanpa adanya kendala penghadangan dan pemalakan.

Hal senada disampaikan oleh Ibu Nyarsiati (47 Th) yang sengaja datang dari Kota Ngawi Jawa Timur untuk berpartisipasi menyumbangkan bantuan ke sasaran bencana yaitu di daerah Cijedil dengan memanfaatkan Prajurit Yonif Raider 300/Brajawijaya untuk melaksanakan perbantuan pengawalan.

Komandan Yonif Raider 300/Bjw, Kodam III/Siliwangi berharap dengan diterjunkannya Tim Motoris akan dapat membantu kelancaran pendistribusian bantuan logistik para relawan untuk korban gempa Cianjur.