Babinsa Ajak Warga Binaan Lakukan Penyemprotan Pupuk Pada Tanaman Cabe Yang Baru Ditanam

OKEBUNG|
Mendukung dalam mewujudkan kegiatan Program Pemberdayaan prajurit dan Masyarakat Produktif (P3MP), Babinsa Koramil 08/Bukit Sundi Kodim 0309/Solok, Serda Mardefi bersama masyarakat binaan setempat bapak Jhony dan bapak Erman melaksanakan pemeliharaan tanaman cabe merah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jorong Talago Nagari Koto Gadang Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Selasa, 22 November 2022.

Pengelolaan lahan yang ditanami cabe merah ini merupakan lahan milik pribadi Serda Mardefi Babinsa Koramil 08/Bukit Sundi, yang mengajak masyarakat sekitar dalam perawatan tanamannya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan melakukan penyemprotan pupuk tanaman cabe merah dengan usia tanaman lebih kurang sudah 4 Minggu. Memiliki luas lahan 20 x 25 M.

Tujuan dari kegiatan ini memberikan motivasi dan edukasi untuk menggugah warganya memanfaatkan lahan kosong atau lahan tidur menjadi lahan produktif seperti yang tengah kita lakukan saat ini,” ucap Serda Mardefi.

Serda Mardefi mengatakan, penyemprotan yang dilakukan pada tanaman cabe merah yang baru ditanam ini, upaya untuk mencegah terjadinya gugur bunga dan buah, memperbaiki mutu buah, dan meningkatkan hasil buah.

Lanjutnya, dalam merawat tanaman cabe merah, termasuk yang terkait dengan pemupukan. Pupuk dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan, sehingga tanaman cabe dapat tumbuh subur dan sehat.

Babinsa juga menyampaikan, pemupukan juga menjadi salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap pertumbuhan buah cabe,” ucap Serda Mardefi.

“Dengan pemupukan yang tepat dan perawatan yang rutin akan dapat meningkatkan hasil produktivitas pertanian,” sambungnya.

Kegiatan ini sebagai upaya peran aktif aparat kewilayahan dalam rangka meningkatkan swasembada pangan di wilayah serta memberikan motivasi kepada para petani dalam meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan.