Babinsa Bantu Maksimalkan Sektor Pertanian Di Wilayah, Sebagai Sumber Mata Pencaharian Warga

OKEBUNH|
Indonesia merupakan negara agraris yang mengandalkan sektor pertanian sebagai sumber mata pencaharian. Komoditas hortikultura merupakan salah satu bagian dari sektor pertanian yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi,sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kopda Sony Surya R, Babinsa Koramil 02/Lembang Jaya Kodim 0309/Solok, bersama masyarakat melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif di bidang pertanian yaitu tanaman bawang seluas 10×15 M di Nagari Koto Laweh, Kec. Lembang Jaya, Kab. Solok. Sabtu, (21/1/2023).

Kopda Sony Surya mengatakan bawang merah merupakan salah satu komoditas sayuran unggulan yang bernilai ekonomi tinggi. Komoditas sayuran ini termasuk ke dalam kelompok rempah tidak bersubstitusi yang berfungsi sebagai bumbu penyedap makanan serta bahan obat tradisional.

“Dalam budidaya bawang merah dijumpai banyak masalah, dan salah satu di antaranya adalah serangan OPT (organisme Pengganggu Tumbuhan). Untuk mengatasi masalah kerusakan yang disebabkan oleh OPT, secara umum petani menggunakan pestisida kimia,” ucapnya.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/Lembang Jaya, sekarang melakukan kegiatan perawatan penyemprotan tanaman bawang untuk menjaga bawang dari serangan hama ulat dengan usia tanam lebih kurang 1 bulan 17 hari.

Babinsa juga menjelaskan ulat bawang merupakan hama utama yang umum merusak tanaman bawang merah. Serangan hama ini dapat menyebabkan penurunan produksi bawang merah atau kehilangan hasil yang tidak sedikit jika tidak dilakukan upaya pencegahan dan pengendalian.

“Dengan pendampingan ini petani bisa terbantu sekaligus bertukar fikiran dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh petani,” ungkapnya.