Babinsa Bantu Petani Bawang Bersihkan Dari Gulma Penganggu

OKEBUNG|
Babinsa Koramil 10/Lembah Gumanti Kodim 0309/Solok, Serda Algozi bersama bapak Nal melaksanakan kegiatan Inovatif dalam rangka P3MP (Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif) dibidang pertanian di Jorong Alahan Panjang Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Petani binaan bapak Nal ini sekaligus pemilik lahan memiliki luas 20×30 M yang sudah ditanami bawang merah dengan usia tanaman sudah 87 hari dan sekarang kegiatan sedang melakukan pembersihan rumput-rumput dan juga pengecekan perkembangan bawang. Sabtu, 19 November 2022.

Kegiatan itu merupakan salah satu tugas rutin Selaku Babinsa untuk selalu melakukan pendampingan kepada petani demi terwujudnya swasembada pangan yang di programkan oleh Pemerintah.

Babinsa Koramil 10/Lembah Gumanti Serda Algozi mengatakan, tujuan dari pembersihan gulma ini adalah agar tanaman bawang merah bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan.

Karena tanaman gulma tersebut dapat merebut atau mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan pada tanaman bawang merah.

“Dengan membantu petani bawang kami juga dapat bertukar fikiran bagaimana cara menghasilkan bawang yang baik serta hasil yang unggul.

Karena terkadang antara teori dan kondisi riil dilapangan berbeda, terkadang pengaruh faktor cuaca, asupan air atau tanah,” ujar Babinsa.

Nal selaku pemilik lahan mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang sudah mau membantu dan turut terjun langsung petani dalam perawatan tanaman bawang,” ucapnya.