Babinsa Berbagi Iman: Sertu Ibrahim Barus Mengisi Ceramah di Gereja GBI Betlehem Kota Binjai

Binjai, 14 April 2024 – Minggu pagi ini, suasana khusyuk menyelimuti Gereja GBI Betlehem di Jalan Soekarno Hatta No. 79, Kota Binjai. Jemaat dari berbagai usia tampak antusias mengikuti kebaktian yang dipimpin oleh seorang pembicara istimewa: Sertu Ibrahim Barus.

Sertu Barus, yang sehari-hari bertugas sebagai Babinsa di Koramil 02/Sidikalang Kodim 0206/Dairi, ternyata juga memiliki talenta lain sebagai gembala. Di sela kesibukannya menjaga keamanan wilayah, ia aktif melayani di Gereja GBI Betlehem Sidikalang.

Kehadiran Sertu Barus di mimbar GBI Betlehem Kota Binjai bukan tanpa alasan. Ia diundang oleh Pendeta Afni Silalahi, S.Th., untuk mengisi ceramah di hadapan 30 jemaat. Undangan ini datang saat Sertu Barus sedang berkunjung ke rumah orangtuanya di Binjai.

Dalam khotbahnya, Sertu Barus menyampaikan firman Tuhan tentang Ujian Iman, yang diambil dari Yohanes 16:1-3. Ia mengajak jemaat untuk senantiasa teguh dalam iman di tengah berbagai rintangan dan cobaan hidup.

“Sebagai seorang Babinsa, saya sering melihat berbagai ujian iman yang dihadapi masyarakat,” ungkap Sertu Barus.

“Melalui khotbah ini, saya ingin menguatkan jemaat agar tetap berpegang teguh pada iman mereka, dan senantiasa berserah kepada Tuhan dalam segala situasi.”

Pesan Sertu Barus menyentuh hati para jemaat. Banyak yang terharu dan terinspirasi oleh kisah imannya sebagai seorang Babinsa sekaligus gembala.

“Kami sangat bersyukur atas kedatangan Sertu Barus dan khotbahnya yang penuh makna,” ujar salah satu jemaat.

“Sebagai seorang Babinsa, beliau telah banyak membantu masyarakat dalam berbagai hal. Dan hari ini, melalui khotbahnya, beliau juga menguatkan iman kami.”

Keterlibatan Sertu Barus dalam kegiatan keagamaan merupakan contoh nyata bagaimana TNI bersinergi dengan masyarakat dalam membangun ketahanan spiritual bangsa.

Kehadirannya di GBI Betlehem Kota Binjai menjadi bukti bahwa iman dan pengabdian dapat berjalan beriringan, membawa kedamaian dan kekuatan bagi masyarakat. (Pen0206)