Babinsa Dorong Warga Garap Lahan Tidur, Ini Hasilnya

Kodam IM30 Dilihat

OKEBUNG– Babinsa Koramil 09/Lembah Sabil Kodim 0110/Abdya Sertu Jimi Hermanto melaporkan geliat usaha jualan tebu di wilayah selama puasa Ramadhan meningkat signifikan.

Menyikapi kemajuan tersebut Ia mengaku senang, jerih payah para warga dalam memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif telah terbalas lunas.

“Alhamdulillah, kita ikut senang. Lahan yang tadinya bersemak dan nganggur kini telah menghasilkan Cuan untuk warga,” ujar Sertu Jimi di Desa Meunasah Tengah, Lembah Sabil, Jumat (27/3/2024).

Sertu Jimi menjelaskan, pada puasa Ramadhan permintaan air tebu untuk keperluan takjil meningkat tiga sampai lima kali lipat. Alhasil, harga beli tebu di tingkat petani dan penjual minuman sari juga meningkat.

Ia berharap semangat warga dalam mengolah lahan tidur untuk pertanian ini tidak terjadi di musim puasa Ramadhan saja, namun bisa berlanjut seterusnya. Ia menginginkan sisa lahan yang ada wilayah binaannya dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk komoditi pertanian sehingga bermanfaat untuk peningkatan ekonomi petani itu sendiri.