Babinsa Hadiri Muskel Tentang Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Di Aula Kantor Lurah Aro IV Korong

OKEBUNG|
Babinsa Koramil 01/Kota Solok Kodim 0309/Solok, Serka Taufik menghadiri acara Musyawarah Kelurahan (Muskel) Tentang Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Aula Kantor Lurah Aro IV Korong Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Selasa, 15 November 2022.

“Membahas verifikasi validasi data penerima Bansos (Bantuan Sosial) yang telah diverifikasi oleh fasilitator tentang penerimaan Bansos yang tidak layak menerima bantuan yaitu meninggal dunia, mampu serta minggat,” terang Serka Taufik.

Pelaksanaan kegiatan Musyawarah Kelurahan ini pada hakikatnya adalah bagian dari mekanisme dan tahapan pelaksanaan Verifikasi dan Validasi menjadi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kota Solok, khususnya di Kelurahan Aro IV Korong.

“Adapun hasil yang ingin diraih dari kegiatan ini adalah jumlah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang telah melalui tahapan Verifikasi dan Validasi masuk ke aplikasi SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial),” ucapnya.

Dasar hukum yang melandasi kegiatan ini adalah  Undang – Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin,  Peraturan Menteri Sosial Nomor 28 Tahun 2017 tentang Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tua tidak mampu.

Tujuannya, adalah agar datanya lebih akurat dan sesuai dengan kenyataan di lapangan, sehingga saat dilakukan penyaluran bantuan dari pemerintah dapat dilaksanakan secara baik atau tepat sasaran,” tutup Babinsa.

Kegiatan ini di hadiri oleh Kasi Data dan informasi Dinas Sosial Nemi Satrina A.KS., Lurah Aro IV Korong, Staf Kelurahan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua LPMK, RT/RW se Kelurahan Aro IV Korong dan Bundo kandung.