Babinsa Jajaran Kodim 0713 Brebes Serentak Monitoring Kegiatan PIN Polio

BREBES|
Kodim 0713 Brebes, Korem 071 Wijayakusuma, salah satu diantara Babinsa jajaran di 17 Koramil, seperti Koptu Kardiyono, Babinsa Koramil 17 Songgom melaksanakan kegiatan pendampingan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dalam rangka menguatkan imunitas anak pada upaya menekan dan mencegah resiko penularan virus polio hingga dewasa bertempat di Posyandu Abimanyu 4 Desa Songgom, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Senin (15/01/2024).

Koptu Kardiyono menyebutkan, pemberian imunisasi polio ini dilakukan dengan cara ditetes.

“Setiap anak mendapatkan dua tetes vaksin polio dan tidak ada efek samping pemberian vaksin tersebut,” terang Koptu Kardiyono.

Bidan Desa Songgom Sri M., A.Md. Keb. mengatakan, bahwa imunisasi akan dilakukan dengan mendatangi setiap sekolah dan pesantren, dan sebagai aparat teritorial akan terus mendukung kegiatan Imunisasi yang di Canangkan oleh Pemerintah.

“Kita akan memonitoring dan mendukung imunisasi polio, dengan mendatangkan posko atau memberikan Himbauan agar anak-anak di Desa Songgom bisa ikut serta mendapatkan kekebalan tubuh, dikarenakan penyakit polio ini sangat bahaya dan belum ada obat dan hanya dapat dicegah dengan imunisasi,” katanya.

Ia berharap imunisasi polio pada anak dilakukan secara lengkap sebanyak empat kali dalam periode usia nol sampai empat bulan baik secara oral atau tetes maupun suntik. Karena jika anak sudah terkena polio akan mengalami lumpuh layu lemas dan sifatnya akan permanen dan tidak kembali semula selama seumur hidup.

“Jadi tidak cukup satu kali, harus lengkap empat kali dengan periode usia satu sampai empat bulan dan satu kali dengan polio suntik pada usia empat bulan pada saat memberikan pola tetes, kita butuh kekebalan komunitas,” ucap BIdan Desa.

Kegiatan pendampingan ini sebagai bentuk partisipasi untuk susksesnya kegiatan Pekan Imunisasi Nasional kepada masyarakat dan sekaligus memberikan betapa pentingnya imunisasi ini diberikan kepada anak usia Balita. (Pen0713)