Babinsa Juma Gerat Turun ke Desa, Pantau Dana Desa dan Serap Aspirasi Warga

Tigalingga, Dairi (01/04/2024) – Serka Sahata Lumban Gaol, Babinsa Koramil 04/Tigalingga Kodim 0206/Dairi, tak henti-hentinya menjalin komunikasi sosial (komsos) dengan warga binaannya. Kali ini, ia mengunjungi salah satu teras rumah warga Desa Juma Gerat, Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi, pada hari Senin (01/04/2024).

Komsos yang dilakukan Babinsa ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara TNI dan rakyat, serta untuk mengetahui kondisi dan permasalahan yang dihadapi oleh warga di desa binaannya. Dalam kesempatan ini, Serka Sahata Lumban Gaol didampingi oleh Ketua BPD Desa Juma Gerat, Bpk Hilper Purba.

Mendengar Keluhan Warga
Suasana hangat dan akrab terjalin saat Babinsa dan warga bercengkrama. Tak disangka, Serka Sahata Lumban Gaol mendapat keluhan dari warga terkait penggunaan anggaran dana desa yang tidak transparan. Warga meminta agar Babinsa dapat membantu mengawasi dan memastikan penggunaan dana desa tersebut tepat sasaran.

Menanggapi keluhan warga, Serka Sahata Lumban Gaol menjelaskan bahwa Babinsa memiliki peran penting dalam mengawasi penggunaan dana desa. Ia menegaskan bahwa dirinya siap membantu warga dalam mengawasi dan memastikan penggunaan dana desa tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Sebagai Babinsa, saya siap membantu dan mengawasi penggunaan dana desa di desa binaan saya. Saya ingin memastikan bahwa dana desa tersebut digunakan dengan baik dan tepat sasaran untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Serka Sahata Lumban Gaol.

Selain mendengarkan keluhan, Serka Sahata Lumban Gaol juga menjawab pertanyaan warga terkait pengawasan dalam pembangunan di desa yang menggunakan anggaran dana desa. Ia menjelaskan bahwa peran Babinsa dalam pengawasan dana desa adalah untuk memastikan bahwa pembangunan di desa sesuai dengan perencanaan dan anggaran yang telah ditetapkan.

Serka Sahata Lumban Gaol juga menghimbau kepada warga agar aktif dalam mengawasi dan melaporkan kepada Babinsa jika ada penyimpangan dalam penggunaan dana desa.

Kegiatan komsos ini merupakan salah satu upaya Babinsa Koramil 04/Tigalingga dalam menjalin hubungan yang baik dengan warga binaannya, serta untuk membantu mewujudkan desa yang maju, sejahtera, dan mandiri