Babinsa Koramil 02/Sidikalang Bantu Petani Berantas Gulma demi Tanaman Jagung yang Subur

Sidikalang, Dairi – Dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan di wilayahnya, Babinsa Koramil 02/Sidikalang Kodim 0206/Dairi, Serka Natanael Manik, bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) lainnya, aktif membantu para petani di Desa Karing, Kecamatan Berampu, Kabupaten Dairi. Salah satu kegiatan yang mereka lakukan adalah pendampingan pertanian dan membantu petani dalam penyemprotan lahan pertanian untuk membasmi gulma sebelum ditanami bibit jagung.

Kegiatan ini dilakukan di lahan milik Bapak Josua Siburian, seluas 6 rante, yang rencananya akan ditanami bibit jagung pioner 23 (P23). Penyemprotan lahan dilakukan untuk menghambat pertumbuhan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman jagung.

Serka Natanael Manik menjelaskan bahwa gulma merupakan salah satu faktor utama yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman jagung. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengendalian gulma sebelum penanaman.

“Gulma dapat bersaing dengan tanaman jagung dalam mendapatkan air, nutrisi, dan sinar matahari,” jelas Serka Natanael Manik.

“Oleh karena itu, penting untuk mengendalikan gulma agar tanaman jagung dapat tumbuh dengan optimal.”

Pendampingan dan bantuan dari Babinsa Koramil 02/Sidikalang ini disambut baik oleh para petani. Bapak Josua Siburian, pemilik lahan, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Babinsa.

“Saya sangat terbantu dengan pendampingan dan bantuan dari Babinsa,” kata Bapak Josua Siburian.

“Dengan bantuan ini, saya yakin tanaman jagung saya akan tumbuh dengan subur dan menghasilkan panen yang melimpah.”

Bantuan dari Babinsa Koramil 02/Sidikalang ini merupakan wujud nyata dari komitmen TNI dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani.

Dengan membantu para petani dalam meningkatkan produktivitas tanaman jagung, diharapkan dapat membantu mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Dairi.