Babinsa Koramil 02/Sidikalang Memperkuat Sinergi dengan Aparatur Kelurahan Melalui Silaturahmi dan Komsos

Kodam 1 BB5 views

Sidikalang,– Dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat dan mendukung program pembangunan nasional, Babinsa Koramil 02/Sidikalang, Kodim 0206/Dairi, Serda Nuroso melaksanakan kegiatan silaturahmi dan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Lurah Sidikalang Kota, Bapak Fehreza Anjas S.Ujung beserta staf, bertempat di Kantor Kelurahan Sidikalang, Jl. Damar, Kel. Sidikalang, Kec. Sidikalang, Kab. Dairi, pada hari Kamis (11/7/2024).

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Babinsa dalam membangun sinergi dengan aparat kelurahan untuk mendukung kemajuan kelurahan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini selaras dengan implementasi peran TNI dalam membantu pemerintah, sebagaimana tercantum dalam UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Nasional.

Melalui kegiatan ini, Babinsa berdialog dengan Lurah Sidikalang Kota untuk membahas berbagai hal terkait perkembangan kelurahan, termasuk potensi kelurahan, program pembangunan, serta isu-isu yang dihadapi masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan masukan dari aparatur kelurahan sebagai bahan pertimbangan dalam pelaksanaan tugas pokok Babinsa.

Serda Nuroso menyampaikan bahwa TNI selalu siap membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini dilakukan melalui kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) yang meliputi Bakti TNI, Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil), dan Komsos.

“Bakti TNI merupakan pendayagunaan kemampuan TNI terhadap obyek yang bersifat fisik, seperti membantu pembangunan infrastruktur desa. Sedangkan Bintahwil bertujuan untuk membangun kesadaran berbangsa dan bernegara, serta Komsos untuk membina kesadaran mental spiritual sebagai wujud pembinaan kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelas Serda Nuroso.

Lurah Sidikalang Kota, Bapak Fehreza Anjas S.Ujung, menyambut baik kunjungan Babinsa dan mengapresiasi kepedulian TNI terhadap kemajuan kelurahan sidikalang. Ia menyampaikan berbagai informasi penting tentang kondisi kelurahan, termasuk rencana pembangunan dan kendala yang dihadapi.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan kepedulian Babinsa terhadap kelurahan kami. Kami berharap sinergi antara TNI dan aparatur kelurahan dapat terus terjalin dengan baik untuk mewujudkan kelurahan yang maju, sejahtera, dan berkelanjutan,” ujar Bapak Fehreza Anjas S.Ujung.

Kegiatan silaturahmi dan Komsos ini turut dihadiri oleh perangkat kelurahan Sidikalang, yang semakin mempererat hubungan dan kerjasama antara Babinsa, Lurah, dan aparatur kelurahan. Hal ini diharapkan dapat berkontribusi positif dalam pembangunan kelurahan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Pen0206)