Babinsa Koramil 03/Parongil Hadiri Sosialisasi Penyuluhan Konvergensi Stunting

Dairi—–Serda TR Sianturi Babinsa Koramil 03/Parongil Kodim 0206/Dairi menghadiri sosialisasi penyuluhan konvergensi stunting dan pemberian tambahan gizi bagi ibu hamil dan balita bertempat di Balai Desa Sumbari Kecamatan Silima Pungga Pungga Kabupaten Dairi. Sabtu, (12/11-2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Seketaris Camat Silima Pungga Pungga, Ka Puskesmas Bakal Gajah, Babinsa,  Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Sumbari beserta Perangkat Desa, Ketua BPD Desa Sumbari beserta Anggota, Bidan Desa Sumbari, Ketua PKK Desa Sumbari, Kader Posyandu. Serta Ibu-ibu Warga Desa Sumbari yang hamil dan yang mempunyai Anak Balita.

Dalam paparannya, Tim Penyuluh Gizi Puskesmas Bakal Gajah mengungkapkan bahwa stunting atau yang biasa disebut dengan kekerdilan adalah suatu kondisi tumbuh kembang anak yang terganggu akibat masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi anak yang buruk dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga anak yang berusia di bawah lima tahun memiliki tubuh yang lebih pendek atau sangat pendek dari seusianya yang lain.

“Dengan Sosialisasi ini diharapkan dapat disampaikan kepada para orang tua terutama ibu hamil dan ibu yang memiliki balita untuk memberikan gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anak dan menerapkan kehidupan bersih dan sehat demi mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas,”

Setelah kegiatan sosialisasi dan penyuluhan tentang Stunting, serta langkah-langkah penanganannya dilanjutkan dengan pemberian susu kepada Ibu-ibu yang hamil dan sedang menyusui, Pemberian Susu untuk anak-anak Balita serta Pemberian bibit Sayuran sekaligus melaksanakan Posyandu.

Disela sela kegiatan Serda TR Sianturi Babinsa Koramil 03/Parongil mengajak kepada yang hadir dapat mengambil pelajaran dari acara Sosialisasi Konvergensi Pencegahan Stunting hari ini.

“Sosialisasi ini diharapkan dapat mewujudkan komitmen bersama seluruh komponen masyarakat dalam menyelenggarakan intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif secara konvergen, sehingga nantinya Desa Sumbari akan terbebas dari persoalan Stunting,” pungkas Serda TR Sianturi. (Pendim Dairi)