Babinsa Koramil 12/Sangir Hadiri Acara Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berupa FIKSI

OKEBUNG|
Babinsa Koramil 12/Sangir Kodim 0309/Sangir Serka Tarmizi Dan Koptu Deka Suanto menghadiri acara Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berupa Festival Inovasi dan Kreatifitas Siswa (FIKSI), bertempat di UPT SMP N 14 Solok Selatan, Jl. Raya Sungai Lambai – Padang Aro, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan. Rabu, 23 November 2022.

Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah sebuah pendekatan pembelajaran melalui proyek dengan sasaran utama mencapai dimensi Profil Pelajar Pancasila. Peserta didik akan belajar menelaah tema-tema tertentu yang menjadi prioritas setiap tahunnya. Dalam pelaksanaan proyek, guru-guru harus berkolaborasi secara lintas ilmu untuk merencanakan, menfasilitasi, dan menjalankan asesmen.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila adalah agar para pelajar di Indonesia dapat tumbuh sebagai pelajar yang berkompeten, terampil, dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila.

Pada kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berupa Festival Inovasi dan Kreatifitas Siswa (FIKSI) diawali dengan tari persembahan, sekapur sirih dan tarian Qasidah oleh Pelajar SMP N 14 Solok Selatan.

Bupati Solok Selatan melalui Sekretaris Daerah Solok Selatan Dr. Syamsurizaldi mengatakan, sangat mengapresiasi terhadap kinerja Kepsek yang telah berinovasi dan kreatifitas terhadap kemajuan siswa dalam penguatan pelajar pancasila.

Tujuan kegiatan Inovasi kreatifitas Kurikulum Merdeka adalah meningkatkan kompetensi peserta didik melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan program dan kebijakan merdeka belajar.

“Perkembangan dibidang pendidikan saat ini tentang Kurikulum Merdeka Belajar. Guru harus tahu sejak dini sehingga ketika diminta untuk melaksanakan kebijakan tersebut harus siap secara ilmu, mental, perangkat, penilaian terhadap peserta didiknya,” ungkapnya.

Kepsek UPT SMP N 14 Solok Selatan menyampaikan, mengucapkan terima kasih atas Sekda solok selatan yang sempat menghadiri pada acara festival inovasi kreatifitas siswa ini kami beri tema “Baraja ka Nan Lamo Baadaptasi jo Nan Baru”.

“Kami sangat terinovasi terhadap karya dari anak-anak kita yang telah membangun kreatifitasnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan olah Raga Solok Selatan Syamsuria mengatakan, terima kasih kepada orang tua wali murid yang hadir pada hari ini menyaksikan karya siswa karya anak-anaknya yang sedang ditampilkan pada hari ini. Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila.

Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

“Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal,” terangnya.

Setelah mendapatkan kata sambutan dari Sekretaris Daerah Solok Selatan Dr. Syamsurizaldi, SIP, S.E, MM., Kepala Dinas Pendidikan fan Olah Raga Syamsuria, S.Pd, MM., dan Kepsek UPT SMP N 14 Solok Selatan dilanjutkan acara Seni Budaya Randai Minang oleh pelajar SMP N 14 Solok Selatan dan penyerahan bantuan oleh Baznas Solok Selatan kepada 10 orang Siswa sebanyak Rp. 8 juta rupiah serta peninjauan hasil karya pelajar SMP N 14 Solok Selatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Solok Selatan diwakili oleh Sekretaris Daerah Solok Selatan Dr. Syamsurizaldi, SIP, S.E, MM., Kepala Dinas Pendidikan fan Olah Raga Syamsuria, S.Pd, MM., Kakan Kemenag diwakili oleh Yusriadi, S.Th.I., Kepala Baznas Solok Selatan Zulfajriadi, S.Pd, M. Hum, Kabag Kesra H. Mahadolok Ritonga, S. Ag, M.M., Camat Sangir Abul Abbas, S. Pd., Babinsa Koramil 12 /Sangir, Kapolsek sangir diwakili Iptu Yuliardi, Kepala Bank Nagari Solok Selatan Eko Foverton, Ketua LKAAM Solok Selatan Datuk Sibungsu Attila Majidi, Kepsek SMP se Kab. Solok Selatan, Guru SMP N 14 Solok Selatan, Ketua Jorong se Nagari Lubuk Gadang Selatan, Wali murid SMP N 14 Solok Selatan, Wartawan, Pers serta undangan lainnya.