Babinsa Nagari Lubuk Gadang Laksanakan Kegiatan Rutinitas Budidaya Tanaman Jeruk.

OKEBUNG|
Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok, Serda Amradona melaksanakan kegiatan rutinitas pembudidayaan kebun jeruk kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian.

Adapun jenis tanaman jeruk yang dibudidayakan seperti, jeruk girga dan jeruk madu siam yang berjumlah 230 batang pohon, dengan luas lahan 3600 meter persegi.

Penanaman tanaman jeruk ini beralamat di Jorong Timbulun Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan. Minggu, 20 November 2022.

Kegiatan sekarang sedang melaksanakan pembersihan lahan dan penyiangan rumput. Perkembangan tanaman jeruk sendiri sudah memasuki usia 35 bulan serta pohon rata-rata yang mengeluarkan buah belum dapat bisa dipanen karena masih hijau atau muda,” ujar Serda Amradona.

Serda Amradona mengatakan, pengelolaan proses budidaya perlu dilakukannya suatu sistem secara berkelanjutan agar hasil yang diperoleh dapat optimal. Sistem pertanian berkelanjutan dapat mengurangi dampak pada tanaman jeruk itu sendiri.

“Pengolahan lahan dilakukan dengan membersihkan lahan tanam dari tanaman-tanaman pengganggu. Sehingga, dapat memberikan hasil yang maksimal,” tuturnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi dorongan dan semangat kepada masyarakat sehingga meningkatkan kemampuan masyarakat menjadi produktif.

Dengan mengajak para masyarakat ini merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat sehingga terjalinnya sinergitas untuk meningkatkan swasembada pangan yang optimal, karena keberhasilan dalam pertanian akan berdampak yang positif bagi kehidupan masyarakat sehingga masyarakat pun akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan dirasakan,” ungkap Babinsa.