Babinsa Ramil 09/Nrs Dampingi Petugas Kesehatan Vaksinasi Hewan Ternak

Kodam IM18 Dilihat

Aceh Timur – Babinsa Koramil 09/Nurussalam Kodim 0104/Aceh Timur Sertu Sunarto melaksanakan pendampingan pelaksanaan Vaksinasi tahap kedua pada hewan ternak sapi dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Timur, di Desa Alue Siwah, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (22-11-2022).

Sertu Sunarto mengatakan, pihaknya sangat mendukung program penyuntikan Vaksin pada hewan ternak sapi oleh dinas pertanian dan peternakan, ini bertujuan untuk mengantisipasi penyakit kuku dan mulut (PKM) terhadap ternak sapi.

Salah satu kegiatan masyarakat Desa Alue Siswah adalah beternak, termasuk ternak sapi dan kambing, baik perorangan maupun secara kelompok, dan untuk mengantisipasi salah satu penyakit pada hewan ternak dan untuk mengatasi sebaran virus, maka dinas terkait turun langsung memberikan vaksinasi pada sapi yang masih sehat di wilayah Kecamatan Nurussalam, ”ujarnya.

Babinsa juga mengatakan, selain memberikan pemeriksaan dan vaksinasi, tim juga memberikan sosialisasi kepada warga yang mempunyai hewan ternak.

“Khususnya sapi untuk memberikan pelayanan kesehatan hewan ternak dan memberi vitamin dan obat cacing, kegiatan ini dilakukan secara gratis agar dapat membantu peternak sapi, ”terang Sunarto.

Babinsa juga berharap agar warga menjaga kesehatan ternaknya baik yang sudah di vaksin maupun belum nantinya agar tetap menjaga kebersihan kandang sapi, supaya tidak mudah terserang penyakit, jadi sebelum terjangkit penyakit sebaiknya diatasi terlebih dahulu dengan menjaga kebersihan kandang dan lingkungan, “pungkasnya.