BABINSA SERTU G. SINULUNGGA MANFAATKAN LAHAN TIDUR UNTUK MENANAM HOLTIKULTURA

Kodam 1 BB3 views

Sidikalang, – Minggu pagi ini (23/6/2024), terlihat Sertu G. Sinulingga, seorang Babinsa Koramil 02/Sidikalang Kodim 0206/Dairi, bersama bapak Ngapuli Tarigan sedang mengolah tanah dengan menggunakan alat pertanian hendstraktor atau jetor.

Kegiatan ini dilakukan di lahan tidur di samping rumah dinas Sertu G. Sinulingga yang akan dimanfaatkan untuk menanam holtikultura.

Danramil 02/Sidikalang Kapten Inf T. Aritonang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya Babinsa dalam mendukung ketahanan pangan di wilayahnya.

“Lahan tidur yang ada di sekitar rumah dinas Babinsa dimanfaatkan untuk ditanami holtikultura, seperti cabai, tomat, dan sawi.

Hasil panennya nanti bisa dinikmati oleh Babinsa dan keluarganya, serta dibagikan kepada warga sekitar,” ujarnya.

Kapten Inf T. Aritonang juga berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah mereka untuk ditanami holtikultura.

“Dengan menanam holtikultura sendiri, masyarakat dapat menghemat pengeluaran untuk membeli sayur-sayuran, dan sekaligus meningkatkan ketahanan pangan di wilayah,” tambahnya.

Kegiatan pengolahan tanah ini disambut antusias oleh warga bapak Ngapuli Tarigan. Mereka membantu Sertu G. Sinulingga membersihkan lahan dan menyiapkan bedengan untuk menanam holtikultura.

“Kami sangat senang membantu Pak Babinsa. Semoga dengan kegiatan ini, kami bisa belajar cara menanam holtikultura dan dapat meningkatkan hasil panen di kebun kami sendiri,” ujar bapak Ngapuli Tarigan.

Sertu G. Sinulingga sendiri mengaku senang dapat membantu masyarakat dan berkontribusi dalam mendukung ketahanan pangan di wilayahnya.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan menjadi contoh bagi Babinsa lainnya untuk melakukan hal yang sama,” pungkasnya. (Pen0206)