Babinsa Sertu Rahudman Damanik Gelar Bintawil dan Komsos, Ajak Pemuda Jadi Garda Terdepan Keamanan Desa

Gundaling, Dairi – Sertu Rahudman Damanik, Babinsa Koramil 04/Tigalingga Kodim 0206/Dairi, menggelar kegiatan Bintawil (Pembinaan Teritorial) dan Komsos (Komunikasi Sosial) bersama warga Desa Gundaling, Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi, pada hari Rabu (17/04/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu warung kopi di desa tersebut dan dihadiri oleh tokoh masyarakat, Asman Sihotang, dan tokoh pemuda, Citra Manik.

Dalam sambutannya, Sertu Rahudman Damanik menekankan pentingnya peran pemuda dalam menjaga keamanan lingkungan. Pemuda diharapkan menjadi garda terdepan dalam mencegah dan memberantas aksi kriminalitas, serta menjaga ketertiban desa.

“Pemuda adalah aset bangsa dan negara. Oleh karena itu, pemuda harus memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, serta aktif dalam menjaga keamanan lingkungan,” ujar Sertu Rahudman Damanik.

Beliau juga mengajak pemuda untuk bersinergi dengan aparat keamanan, baik TNI maupun Polri, dalam menciptakan suasana desa yang aman dan kondusif.

“Mari kita bersama-sama menjaga keamanan desa kita. Laporkan kepada aparat keamanan jika melihat adanya hal-hal yang mencurigakan,” imbuhnya.

Kegiatan Bintawil dan Komsos ini disambut baik oleh masyarakat Desa Gundaling. Mereka antusias mengikuti kegiatan ini dan berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara rutin.

“Kami sangat senang dengan kegiatan ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga keamanan desa,” ujar Asman Sihotang, tokoh masyarakat Desa Gundaling.

Citra Manik, tokoh pemuda Desa Gundaling, juga menyampaikan apresiasinya kepada Babinsa Sertu Rahudman Damanik atas inisiatifnya dalam menggelar kegiatan Bintawil dan Komsos ini.

“Kami, para pemuda, siap untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan desa. Kami akan selalu bersinergi dengan aparat keamanan untuk menciptakan desa yang aman dan kondusif,” tandasnya.

Kegiatan Bintawil dan Komsos ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan yang baik antara TNI dan masyarakat, serta membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan lingkungan. (Pen0206)