Babinsa Tigalingga Tanamkan Nilai Nasionalisme Sejak Dini

Sumbul Karo, 18 Maret 2024 – Serma Imanuel Ginting, Babinsa Koramil 04/Tigalingga Kodim 0206/Dairi, bertindak sebagai pembina upacara di SDN 030319 Sumbul Karo, Desa Palding Jaya Sumbul, Kec. Tigalingga, pada hari Senin (18/3) pagi.

Upacara yang diikuti oleh 186 siswa dan 14 guru dan pegawai ini berlangsung dengan tertib dan aman.

Dalam amanatnya, Serma Imanuel Ginting menekankan pentingnya nilai-nilai nasionalisme bagi para siswa. Ia menjelaskan bahwa upacara bendera merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Semangat bela negara dan cinta tanah air harus ditanamkan sejak dini kepada generasi muda,” ujar Serma Ginting. “Sebagai generasi penerus bangsa, kalian harus memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya.

“Selain itu, Serma Ginting juga mengingatkan para siswa untuk selalu berbakti kepada orang tua dan guru. Ia berpesan agar para siswa selalu menghormati dan mentaati nasihat orang tua dan guru sebagai bentuk rasa terima kasih atas jasa-jasa mereka.

Kepala Sekolah SDN 030319 Sumbul Karo, Lompoh Pinem, SPd, menyambut baik kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan disiplin mereka.

“Kami sangat berterima kasih kepada Babinsa Tigalingga yang telah menjadi pembina upacara di sekolah kami,” ujar Lompoh Pinem. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat bela negara.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya TNI dalam meningkatkan kesadaran bela negara dan cinta tanah air di kalangan generasi muda. Dengan menanamkan nilai-nilai nasionalisme sejak dini, diharapkan generasi muda dapat menjadi penerus bangsa yang tangguh dan berkarakter.(Tim)