Babinsa Tuntaskan Tugas Sosial, Bantu Jemur Udang Ebi Sebagai Bahan Dasar Terasi

Kodam IM33 Dilihat

Aceh Timur, Selasa (02-01-2024) – Dalam upaya mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat, Koptu Fadli Hanggara Babinsa Koramil 16/Peudawa Kodim 0104/Aceh Timur turut serta dalam kegiatan bakti sosial dengan membantu proses pengeringan udang ebi, bahan dasar terasi milik Nek Rih. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Babinsa untuk meningkatkan kemandirian pangan di wilayahnya yang berada di Desa Kuala, Kecamatan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur.

Koptu Fadli Hanggara bersama warga setempat dengan penuh semangat turun langsung membantu mengolah udang ebi, salah satu komoditas penting dalam pembuatan terasi. Proses pengeringan dilakukan dengan cermat dan sesuai dengan tradisi lokal untuk memastikan kualitas terasi yang dihasilkan.

Kepada awak media ini, Babinsa menyampaikan bahwa, pendampingan Babinsa tidak hanya terbatas pada aspek teknis, namun juga mencakup penyuluhan mengenai pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan dan tata cara produksi yang baik. Hal ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat lokal dalam meningkatkan hasil produksi dan kesejahteraan mereka.

Dalam kesempatan tersebut, Nek Rih menyampaikan apresiasi tinggi kepada Babinsa dan masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. “Kami berharap sinergi positif antara TNI AD dan masyarakat dapat terus terjalin untuk mendukung pembangunan di berbagai sektor, termasuk ketahanan pangan,” ucapnya.

Babinsa Koramil 16/Pdw juga berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan serupa sebagai wujud nyata dari peran TNI AD dalam mendukung kesejahteraan masyarakat. Semua pihak diharapkan dapat saling bersinergi demi mencapai tujuan bersama dalam membangun wilayah yang mandiri dan berdaya.