Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan TNI AL Pada Tanara Clean Up di Banten

TNI AL807 Dilihat

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 15 Januari 2024 — Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, TNI Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI (Wapres RI) Prof. Dr. (HC) K.H. Ma’ruf Amin didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali pada kegiatan Tanara Clean Up bertempat di lingkungan Desa Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Minggu (14/01).

Aksi bersih Tanara Clean Up merupakan upaya yang dilaksanakan dalam bentuk kolaborasi dan sinergitas antara TNI Angkatan Laut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian PUPR, PJ Gubernur dan jajaran Forkopimda Provinsi Banten, PT Chandra Asri Pacific (Chandra Asri Grup), Universitas Syekh Nawawi Banten (USNB), PT Indonesia Power, PT Indah Kiat, dan Bank Sampah Digital untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih dan bebas sampah.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya Tanara dan sekitarnya.

Wapres RI Prof. Dr. (HC) K.H. Ma’ruf Amin sebagai Keynote Speaker dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka untuk memperbaiki kondisi lingkungan hidup terutama masalah sampah dikarenakan problematika sampah bukan perkara kecil, melainkan merupakan masalah global.

“Melalui program Tanara Clean Up masyarakat diajak untuk ikut membersihkan sungai, mempelajari pengelolaan sampah, membangun ekoriparian agar area sungai lebih bersih dan indah, serta dilaksanakan penanaman pohon serentak untuk seluruh Indonesia”, ungkap Wapres RI.

Sementara itu dihadapan awak media, Kasal menyampaikan bahwa TNI AL siap berkolaborasi dan bekerjasama dengan seluruh stakeholder dalam rangka memelihara lingkungan dan mensejahterakan masyarakat.

Pada akhir kegiatan, Wapres RI bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin didampingi Kasal dan Menteri Lingkungan Hidup Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar meninjau langsung dapur lapangan TNI AL dan pemeriksaan kesehatan gratis TNI AL seperti pengobatan umum dan pengobatan gigi untuk masyarakat Tanara.

Dinas Penerangan Angkatan Laut.