Bantu Korban Gempa Cianjur, Bekangdam III/Slw Dirikan Dapur Lapangan

Kodam Siliwangi935 Dilihat

OKEBUNG|
Pasca terjadinya gempa yang melanda Kabupaten Cianjur, ribuan warga masyarakat mengungsi di tempat-tempat yang aman, pasalnya rumah yang mereka tempati mengalami kerusakan bahkan sejumlah bangunan luluh lantak akibat gempa yang berkekuatan 5,6 SR yang terjadi Senin (21/11/2022) kemarin. Selain kehilangan tempat tinggal mereka juga memerlukan pasokan makanan, minuman, obat-obatan dan kebutuhan primer lainnya.

Menyikapi kondisi tersebut, Kabekangdam III/Slw Kolonel Cba Irawan, S.H., perintahkan langsung Stafnya untuk menggelar dapur lapangan (Durlap). Dan dibawah pimpinan Dandenhar Jasa Int Letkol Cba Susanto, S.E., Bekangdam III/Slw gelar Durlap berlokasi di Lapangan Prawatasari Jogo Kab. Cianjur.

Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen saat dikonfirmasi via telepon, Rabu (23/11/2022).

“Benar, Bekangdam III/Slw dalam hal ini Denharjasa Int III-44-12 Bekangdam III/Slw dibawah pimpinan Letkol Cba Susanto, S.E., bersama 25 personel telah mendirikan dapur umum di Lapangan Prawatasari Joglo Kabupaten Garut Pasca terjadinya gempa yang melanda Cianjur pada Senin kemarin, untuk mendukung pemberian logisti bagi para pengungsi,” ujarnya.

Lanjutnya menuturkan, bahwa dalam pengelolaan dapur lapangan tersebut tidak hanya melibatkan personel personel Denharjasa Int III-44-12 saja, melainkan melibatkan juga ibu-ibu Persit KCK Cab XVIII Kodim 0608 Cianjur untuk membantu dalam proses pengerjaan dan penyiapan logistik yang akan diberikan kepada warga masyarakat yang terdampak gempa.

Sementara itu saat dikonfirmasi di tempat terpisah melalui sambungan telepon, Dandenhar Jasa Int Letkol Cba Susanto, S.E., mengatakan bahwa dapur lapangan yang didirikan merupakan bentuk kepeduliannya kepada warga masyarakat yang sedang terkena musibah dalam penyediaan dukungan makan warga yang terkena musibah, juga petugas lapangan. Dikatakannya, selain mendirikan dapur lapangan, Bekangdam pun menggelar 1 unit mobil dapur lapangan (Modurlap) yang ditempatkan di Lapangan Prawatasari Joglo.

“Untuk bahan logistik yang diolah merupakan bantuan dari Pangdam III/Slw, Kapusbekang dan Kemensos Kab. Cianjur,” ujar Letkol Cba Susanto.

Kapendam menambahkan, pendirian dapur lapangan yang digelar Denharjasa Int III-44-12 Bekangdam III/Slw, selain merupakan wujud kepedulian TNI khususnya Kodam III/Slw terhadap warga masyarakat yang sedang mengalami musibah, juga merupakan perintah Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo agar tanggap dan berupaya membantu mengatasi sekecil apapun kesulitan masyarakat dimanapun berada dan bertugas, sehingga kehadiran dapur lapangan tersebut benar-benar memberikan solusi dalam mengatasi kesulitan dengan terpenuhinya kebutuhan pangan. (Pendam III/Siliwangi).