Batalyon Infanteri 5 Marinir Gelar Peringatan Nuzulul Quran 1445 Hijriyah

Marinir, TNI AL134 Dilihat

Okebung

Dispen Kormar, TNI AL, (Surabaya). Guna meningkatkan amalan ibadah di bulan Ramadhan, Batalyon Infanteri 5 Marinir menggelar acara peringatan Nuzulul Quran Tahun 1445 Hijriah/2024 yang dipimpin oleh Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir, Letkol Marinir Ahmad Fauzi, M.Tr.Opsla yang bertempat di Masjid Nurl Bahr Yonif 5 Marinir Kesatrian Marinir Soeroto II, Ujung, Semampir, Surabaya. Selasa (02/04/2024).

Kegiatan Peringatan Nuzulul Quran tersebut diawali dengan pembukaan dan pembacaan Ayat Suci Al-qur’an oleh Praka Marinir Danny Ari Yulianto dan Saritilawah oleh Koptu Marinir Abib Rosyidin, dilanjutkan dengan sambutan oleh Danyonif 5 Marinir Letkol Marinir Ahmad Fauzi, M.Tr.Opsla, serta ceramah agama oleh Serda Marinir Daris Anwar yang pernah meraih juara pertama pada Lomba Tingkat Kotama Wilayah Timur tahun 2014 dengan tema “Kita Tingkatkan Ketaqwaan, Pererat Silaturahmi, Perkuat Persatuan dan Kesatuan”.

Dalam sambutannya Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Ahmad Fauzi, M.Tr.Opsla mengingatkan kembali bahwa peringatan Nuzulul Quran merupakan perwujudan dari umat Islam untuk mengingat, memahami, dan menghayati peristiwa penting dalam perjalanan sejarah Islam, yakni turunnya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW, dan Alquran itu sendiri merupakan mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Alquran juga menjelaskan persamaan derajat manusia dihadapan Allah SWT tentang hubungan yang sangat penting dalam kehidupan diantaranya hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alam lingkungannya dan manusia dengan Tuhannya.

Sementara itu, Serda Marinir Daris Anwar dalam ceramahnya mengatakan  jika Alquran mengandung nilai-nilai yang berhubungan dengan keimanan, syariah dan akhlak serta norma-norma yang mengatur tingkah laku dan tata cara hidup manusia, baik sebagai makhluk individual maupun sebagai makhluk sosial.

Diakhir kegiatan, dilaksanakan doa bersama sebagai bentuk rasa syukur terhadap sesama di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.