Batalyon Infanteri 5 Marinir Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional 2023

Marinir, TNI AL21 Dilihat

Okebung

TNI AL,  Kormar (Surabaya). Dalam rangka memelihara sikap nasionalisme, prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir melaksanakan Upacara Hari kebangkitan Nasional 2023 yang digelar di  Lapangan Apel Kesatrian Marinir Soeroto II Ujung, Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Senin (22/05/2023).

Kegiatan yang dipimpin Perwira Seksi Personel Batalyon Infanteri 5 Marinir Kapten Marinir Yuni Budi Santoso selaku Inspektur Upacara tersebut juga dibacakan Amanat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia dengan membawakan tema “Semangat Untuk Bangkit”.

Dalam amanatnya Menkominfo menyampaikan bahwa seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala, hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

Disampaikan juga bahwa Hari Kebangkitan Nasional juga dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama, Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Sektor Swasta, Akademisi, Pers, Komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu, berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik.

Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Supriyono, CTMP menyampaikan bahwa bangkit Indonesia ini bertujuan untuk memperkuat posisi ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia sekaligus Menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara.