Begini Pesan Tegas Kapolsek Muntilan di Hadapan Kades dan Lurah

OKEBUNG | Seluruh kepala desa dan lurah se Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Kamis, 14 Maret 2024 berkumpul di ruang rapat Kantor Kecamatan Muntilan. Terpantau di lokasi hari itu, Camat, Kapolsek Muntilan dan Perwakilan Koramil 14/Muntilan, juga tampak hadir. 

Ya, untuk diketahui kedatangan para kepala desa dan lurah hari itu, untuk menghadiri rapat koordinasi pencegahan peredaran minuman keras, petasan, Narkoba dan takbiran keliling malam Idul Fitri 1445 H. 

Disela rapat koordinasi tersebut, Kapolsek Muntilan, Polresta Magelang AKP Abdul Muthohir mengajak para kepala desa dan lurah ikut aktif dalam menjaga Kamtibmas di wilayah masing-masing. 

“Para kades dan lurah diharapkan dapat aktif mencegah maraknya petasan, tawuran atau perang sarung, dan peredaran minuman keras (miras) di wilayah Muntilan,” seru AKP Abdul Muthohir di hadapan peserta rapat.

Dikatakan Kapolsek Muntilan, pemberantasan penyakit masyarakat selama Ramadhan, pihaknya fokus pada sasaran peredaran miras dan petasan. Serta tawuran atau perang sarung yang menggunakan sajam atau alat lainnya. Pasalnya, miras dapat memicu perbuatan yang melanggar hukum, seperti tawuran dan penganiayaan.

“Untuk itu kami dari jajaran kepolisian akan menindak tegas terhadap para pelaku terkait miras, baik penjual maupun konsumennya,” tegas mantan Kasihumas Polresta Magelang ini. 

Para Kades dan Lurah se Kecamatan Muntilan, menghadiri rakor bersama Fokopimcam Muntilan. (Ft. Muhiz)

Ditambahkan, dalam bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, masyarakat diimbau untuk tidak memproduksi, menjual, dan menyalakan petasan atau mercon. Para kades dan lurah diminta aktif menyosialisasikan pentingnya menjaga Kamtibmas, agar Ummat muslim nyaman dan khusyuk dalam beribadah di bulan Ramadan.

Pada kesempatan ini, Kapolsek Muntikan juga menghimbau malam perayaan 1 Syawal 1445 Hijriyah atau malam takbir, untuk tidak melakukan takbiran keliling dan cukup dilakukan di masjid, mushala, atau di rumah masing-masing. 

“Tidak perlu dilalukan pawai atau takbir keliling dengan berkendaraan,”  himbau AKP Muthohir.

Sementara itu, Camat Muntilan, Titok Lestianto dan Danramil 14/Muntilan mendukung ajakan Kapolsek Muntilan. Pasalnya, apa yang disampaikan Kapolsek demi terciptanya iklim sejuk di wilayah Muntilan, baik selama bulan Ramadan sampai Lebaran Idul Fitri dan terus berkelanjutan. (Muhiz)