Bentuk Kampung Pancasila, Koramil 05 Pagelaran Kerja Bakti Rehabilitasi Gereja di Pekon Lugusari

Kodam Sriwijaya362 Dilihat

PRINGSEWU – Koramil 424-05 Pagelaran Kodim 0424 Tanggamus bersama beserta masyarakat setempat melakukan gotong royong kerja bakti untuk mewujudkan Kampung Pancasila yang terletak di Pekon Lugusari, Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu, Senin (7/11/22).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Polsek Pagelaran, aparatur Pekon Lugusari beserta elemen masyarakat.

Batuud Ramil 05 Pagelaran Serka Sulistyo menuturkan, kegiatan kerja bakti ini dilakukan bertujuan untuk mendukung terbentuknya Kampung Pancasila sebagai edukasi masyarakat dalam menjaga kerukunan antar umat beragama.

Dibentuknya Kampung Pancasila ini atas dasar perintah Komando Pusat dalam rangka menanamkan nilai – nilai pancasila kepada masyarakat agar mencintai tanah air dan tidak mudah terpecah belah.

“Kita wujudkan Kampung Pancasila bersama ini, dan pertahankan hingga seterusnya, “imbuh Sulistyo.

 

Lanjutnya, Kegiatan kerja bakti ini juga merupakan salah satu bentuk wujud kerukunan antar sesama.

Selain kegiatan kerja bakti, Koramil 05 Pagelaran selalu aktif mensosialisasikan untuk menerapkan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara tak lain merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar. Sebagai warga negara Indonesia, setiap orang diminta untuk menumbuhkan dan mengimplementasikan makna Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

” Kampung Pancasila ini sebenarnya itu adalah kesadaran kita sendiri semuanya, karena ini adalah perintah dari atasan kepada pemerintah setempat untuk mengaktifkan kembali Kampung Pancasila, tujuannya adalah supaya masyarakat kita mengenal ideologi Pancasila negara kita ini, di pekon Lugusari ini, kebetulan kami lihat warganya sangat toleransi, yang luar biasa, “pungkas Sulistyo.

“Pancasila itu bisa terwujud dengan menjaga kerukunan, keharmonisan dan toleransi serta persatuan walaupun berbeda etnis, suku dan agama, dan kerja bakti untuk hari ini kami laksanakan yaitu gotong royong pembongkaran rehabilitasi Gereja St Fransiskus Xaverius di dusun 1 pekon Lugusari. ” Sambungnya.