Beri Motivasi dan Dukungan, Babinsa Koramil 04/Tigalingga Hadiri Penyuluhan KB Tim BKKBN

Dairi—–Serka Imanuel Ginting Babinsa Koramil 04/Tigalingga Kodim 0206/Dairi menghadiri acara penyuluhan Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Tigalingga Kabupaten Dairi, Selasa (08/11-2022) sore

Mengambil tema ”Pencegahan tumbuh kembang anak “Stunting” (anak kurang gizi) di Wilayah Kecamatan Tigalingga Kabupaten Dairi.

Kehadiran Serka Imanuel Ginting Babinsa Koramil 04/Tigalingga Kodim 0206/Dairi bersama team KB dari Kabupaten Dairi disambut oleh seluruh perangkat desa dan kecamatan.

Dalam kata sambutannya Kapala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak pengendalian penduduk dan keluarga berencana Kab Dairi diwakili oleh kepala Seksi Analis Kebijakan Rumondang Siagian menyampaikan pesan tentang Keluarga Berencana (KB) dan pencegahan anak Stunting. Hal ini bertujuan sebagai gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi usia perkawinan dan kelahiran.

Gerakan keluarga berencana diartikan sebagai upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui upaya pendewasaan usia perkawinan, pengendalian kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, dan peningkatan kesejahteraan keluarga dalam rangka melembagakan dan membudidayakan norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Dapat saya jelaskan jajaran Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), menerapkan kekuatan jaringannya hingga ke pelosok wilayah, yakni mengerahkan Pemerintah Desa Sadang berinisiatif menyelenggarakan Sosialisasi Penyuluhan KB untuk masyarakat Desa, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhabinkamtibmas.

Mereka semua merupakan ujung tombak Pemerintah dalam membantu mensukseskan program Keluarga Berencana (KB), sebutnya.

Sementara itu Serka Imanuel Ginting dalam kesempatannya menjelaskan pada Media center kodim 0206/Dairi ini bahwa berdasarkan Perintah Danramil 04/Tigalingga Kapten Arm L Situmorang, S.Sos mengharapkan kehadiran jajaran kami (Babinsa) sebagai motivator untuk memberikan penyuluhan KB kepada warga sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh setiap Babinsa.

Kiprah dan peran Babinsa serta Bhabinkamtibmas diharapkan aktif dalam mengajak masyarakat untuk ikut program KB, jelasnya.

Serka Imanuel Ginting juga menjelaskan karena setiap Babinsa yang diturunkan ke masyarakat sudah ada kemampuan sebagai badan penyuluh dan penggerak, sehingga peran Babinsa sebagai motivator mengajak masyarakat untuk ikut program KB sangat efektif, ucap Serka Imanuel Ginting. (Pendim Dairi)