Beri Wasbang Untuk Siswa-siswi SD N 1 Saribu Dolok Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

Korem 02211 Dilihat

Simalungun | Guna penyiapan siswa siswa mengetahui Wawasan kebangsaan tetang memupuk rasa cinta tanah air menjalankan kedisplinan disekolah dan menjauhi segala bentuk Narkoba sejak dini serta menanamkan Cinta Tanah Air. Untuk menumbuhkan jiwa patriotisme terhadap generasi muda penerus bangsa, dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12/Saribu Dolok jajaran Kodim 0207/Simalungun Serka Sardonis Purba turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada Siswa-siswi Sekolah Dasa (SD) Negeri 1 Saribu Dolok, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Sekolah Dasar Negeri 1 Saribu Dolok Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun, Senin (16/01/2023).
Dengan memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Saribu Dolok yang merupakan salah satu sekolah dasar di wilayah Desa binaan tersebut, Babinsa Serka Sardonis Purba mengatakan kegiatan ini dengan mengusung tema ‘Simalungun Merajut Keragaman Dengan Pancasila’, diwilayah Kabupaten Simalungun, Babinsa mengatakan, pemberian materi Wasbang kepada pelajar sekolah dasar ini dilakukan dalam rangka menanamkan nilai-nilai yang ada pada Pancasila sejak usia dini. Hal tersebut penting dilaksanakan, agar para siswa-siswi ini dapat menjadi generasi-generasi penerus bangsa yang tangguh, disiplin dan handal yang dapat membanggakan orang tua, masyarakat, bangsa dan negara.
Lebih lanjut Babinsa Serka Sardonis Purba mengatakan materi wawasan kebangsaan kepada murid SD ini bertujuan untuk menanamkan jiwa patriotisme sejak dini, pemberian materi wawasan kebangsaan ini dilakukan agar siswa dapat menjadi generasi penerus bangsa yang andal serta dapat membanggakan bagi orang tua, masyarakat, bangsa dan negara, “Materi yang diberikan dalam Wasbang ini meliputi dasar Pancasila, kedisiplinan, kekompakan atau kebersamaan, serta belajar kesantunan dengan bahasa yang mudah dipahami dan dicerna anak-anak. Diharapkan materi ini dapat diaplikasikan oleh para siswa-siswi dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga dan masyarakat, khususnya di Saribu Dolok Kecamatan Silimakuta,“ harap Serka Sardonis Purba.
Kepala Sekolah SD Negeri 1 Saribu Dolok Bapak Kinanti Barus, turut mendukung dan memberikan apresiasi dengan adanya program pemberian Wawasan Kebangsaan bagi anak didiknya, menurutnya hal ini adalah upaya bersama untuk melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam butir Pancasila. “Harapannya, dengan adanya program ini dapat tercipta kehidupan yang saling bertoleransi, rukun, berdampingan dan saling menghormati meski ada perbedaan,” pungkasnya.