Berikan Edukasi Pentingnya Gotong Royong, Satgas Yonif 310/KK Ajak Pelajar Bersihkan Lingkungan Sekolah

Keerom ~ Pentingnya nilai-nilai gotong royong yang harus diajarkan kepada generasi muda, Pos Yuruf Satgas Yonif 310/KK mengajak siswa-siswi SMPN 2 Web untuk bersihkan lingkungan sekolah guna ciptakan suasana yang nyaman dan asri di Kampung Yuruf 2, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Selasa (30/1/2024).

Hal tersebut diungkapkan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, Indonesia merupakan negara yang kaya dan beragam budaya, telah lama terkenal dengan semangat gotong royongnya. Gotong royong adalah konsep di mana orang-orang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, saling membantu dalam situasi senang dan sedih.

“Dalam konteks pendidikan, gotong royong juga memegang peranan penting, terutama ketika melibatkan siswa. Siswa yang aktif mengikuti kegiatan gotong royong tidak hanya mempererat hubungan sosial di sekolah tetapi juga memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat sekitar nantinya,” ungkap Dansatgas.

Lanjut dikatakan, melalui gotong royong, siswa dapat mempelajari nilai-nilai keramahan, tanggung jawab, dan empati terhadap kebutuhan orang lain. Kegiatan gotong royong di sekolah tidak hanya mengajarkan keterampilan praktis tetapi juga membentuk kepribadian siswa.

“Penting untuk terus menumbuhkan semangat gotong royong antar siswa, karena hal ini tidak hanya membentuk karakter siswa tetapi juga membentuk masa depan masyarakat yang lebih baik,” jelas Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Ditambahkan pula, gotong royong membersihan lingkungan sekolah ini dipimpin langsung oleh Danpos (Komandan Pos) Yuruf Letda Inf Agus Waluyo beserta anggota Pos serta para siswa-siswi SMPN 2 Web.

“Dari sinilah akan terbentuk suatu lingkungan sekolah yang solid, memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi, dan kekompakan yang baik. Tentunya, kerja tim ini bisa diwujudkan dengan baik jika seluruh pihak mau dan bersedia ikut andil dalam kegiatan gotong royong yang sedang dilakukan,” tambah Dansatgas.

Disisi lain, Servas (40) salah satu Guru di SMPN 2 Web mengucapkan terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK yang telah mengajarkan nilai-nilai gotong royong kepada anak didiknya.

“Saya merasa sangat senang karena hadirnya bapak-bapak TNI disini yang telah memberikan kegiatan yg positif bagi murid-murid kami, semoga dengan adanya kegiatan ini akan membawa dampak positif bagi seluruh siswa-siwi disini,” ucap Servas.

Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.