Berikan Jam Komandan, Dandim 0207/Simalungun Tekankan Netralitas TNI Pada Pemilu Serentak 2024

Simalungun  |  Jam komandan merupakan forum komunikasi sekaligus bentuk kepedulian seorang Komandan terhadap satuan serta anggotanya, dimana di dalamnya terdapat penekanan dan instruksi yang perlu dilaksanakan. Dalam kesempatan ini Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy S.B., S.I.Pem., M.Han., memimpin langsung Jam Komandan kepada seluruh para Perwira Staf, Danramil serta nggota Militer dan PNS Kodim 0207/Simalungun, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Lapangan Koramil 08/Bangun Jalan Asahan Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Senin (08/01/2024).

Dalam Jam Komandan tersebut, Dandim memberikan arahan dan penekanan pimpinan terhadap beberapa hal yang menjadi fokus penting dalam pelaksanaan tugas Kodim 0207/Simalungun, salah satu poin yang disampaikan adalah minimalisasi pelanggaran yang dilakukan oleh anggota di mana Dandim menekankan seluruh personel untuk menghindari pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri maupun nama baik satuan. Selain itu, Letkol Inf Hadrianus Yossy juga memberikan penekanan khusus terkait Pemilu Serentak, termasuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024. Beliau mengingatkan seluruh prajurit untuk tetap berhati-hati, mematuhi penekanan Panglima TNI dan perintah harian Kasad tentang netralitas TNI. Netralitas ini harus dijunjung tinggi dengan mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI.

Dalam penekanan Dandim menyampaikan pentingnya Netralitas TNI dalam proses demokrasi, khususnya dalam Pemilu 2024 yang akan datang. TNI khususnya prajurit Kodim 0207/Simalungun harus menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis, pentingnya prajurit TNI dalam menjaga keamanan selama proses Pemilu. Harus bersikap profesional dan netral dalam menjalankan tugas-tugas keamanan selama masa Pemilu, sehingga proses demokrasi, oleh karena itu setiap prajurit diharapkan dapat memahami dan mematuhi pedoman yang telah ditetapkan terkait Netralitas TNI dalam Pemilu nanti, harapnya.

Letkol Inf Hadrianus Yossy sebelum mengakhiri jam komandan dengan pesan kepada seluruh anggota Kodim 0207/Simalungun untuk selalu menjaga integritas, disiplin, dan profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai bagian dari TNI. Dandim juga mengimbau kepada seluruh anggota Kodim 0207/Simalungun agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Jangan langsung percaya dengan berita yang dikirim melalui media sosial, kita harus cek dulu berita itu dan jangan asal menge-share informasi yang belum tahu kebenarannya. “Netralitas TNI adalah harga mati, kita sebagai prajurit TNI harus memegang itu. TNI terus bersinergi dalam pengamanan Pemilu Serentak untuk mewujudkan situasi kondusif, aman dan damai,” tegas Dandim.

Turut hadir dalam kegiatan Jam Komandan tersebut antaralain, Kasdim 0207/Simalungun, Pa Staf Kodim 0207/Sml, Danramil 01 s.d 20 Kodim 0207/Sml serta para Personel PA, BA dan TA serta PNS Kodim 0207/Simalungun.