Berikan Perhatian Dalam Budidaya Tanaman Pepaya, Sertu Muhammad Suprianto Bantu Pemeliharaan Rutin

OKEBUNG|
Babinsa Nagari Sumani Koramil 06/Singkarak Kodim 0309/Solok, Sertu Muhammad Suprianto melaksanakan kegiatan pemeliharaan dan penyiangan tanaman pepaya, bertempat di Jorong Ranah Nagari Sumani Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Minggu, (15/1/2023).

Kegiatan ini berkerja sama bersama masyarakat dalam bercocok tanam untuk meningkatkan perekonomian prajurit dan masyarakat itu sendiri. Dalam hal ini tujuannya guna untuk mewujudkan Ketahanan Pangan (Hanpangan) yang kuat di wilayah binaan masing-masing,” ucap Sertu Muhammad Suprianto.

Tanaman Pepaya merupakan tanaman yang buahnya sangat diminati banyak konsumen. Tak heran jika buah ini memiliki nilai primadonanya tersendiri. buah yang tergolong manis ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, khususnya pencernaan.

Seperti yang dilaksanakan oleh Babinsa Nagari Sumani Sertu Muhammad Suprianto melakukan pemeliharaan dan penyiangan tanaman yang tumbuh di sekitar lahan.

Adapun perkembangan tanaman pepaya saat ini sudah berumur kira-kira sekitar 358 hari, sejak saat proses penanaman bibit.

Sertu Muhammad Suprianto mengatakan nilai ekonomis dari buah pepaya tidak mengalami penurunan, bahkan minat pasar sangat tinggi akan ketersediaan buah ini.

“Hal ini tentunya sangat menguntungkan petani untuk melirik usaha tanaman pepaya. Disamping perlakuan perawatannya yang mudah, produksi yang diperoleh juga tinggi,” ujarnya.

Dalam budidaya tanaman pepaya ini juga memerlukan perhatian yang serius, diantaranya dalam hal perawatan yang dimulai dari persiapan lahan hingga saat panen buah pepaya.

Babinsa juga menyampaikan tanaman pepaya sama halnya dengan tanaman lainnya, memerlukan perawatan atau pemeliharaan rutin seperti melakukan penyiangan (pembuangan rumput). Kapan dan berapa kali kebun tersebut harus disiangi tak dapat dipastikan dengan tegas, tergantung dari keadaan.

“Sebagai Babinsa berusaha untuk selalu ditengah-tengah petani untuk menyemangati dan berupaya memberikan solusi, motivasi serta semangat dan mendapat perhatian yang sangat serius dalam program swasembada pangan,” pungkasnya.