Berkah Ilmu Di Bulan Ramadhan, Prajurit Yonif 1 Marinir Ikuti Pesantren Kilat Materi Zakat Dan Tata Cara Mengkafani Jenazah

Marinir, TNI AL142 Dilihat

Okebung

TNI AL, Dispen Kormar (Sidoarjo) Memasuki hari kedua Pesantren Kilat Yonif 1 Marinir, Prajurit Gung Ho Marines menerima materi Zakat dan Tata Cara Mengkafani Jenazah di Mushola Baitul Muttaqien Yonif 1 Marinir, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Selasa (02/04/2024).

Pembawa materi dalam Pesantren Kilat, Lettu Marinir M. Saeful Jihad memberikan penjelasan zakat merupakan bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim ketika sudah mencapai syarat yang ditentukan. Istilah zakat berasal dari bahasa Arab, yaitu zaka yang memiliki arti bersih, suci, subur, dan berkembang. Adapun zakat yang dijelaskan adalah Zakat Fitra yaitu zakat jiwa yang diwajibkan atas setiap diri muslim yang hidup pada bulan Ramadhan.

Selain materi Zakat yang dibawakan oleh Lettu Marinir M. Saeful Jihad, materi lainnya yaitu Tata Cara Mengkafani Jenazah yang dibawakan oleh Sertu Marinir Saifull Anwar. Merawat jenazah sesuai syariat Islam hukumnya fardhu kifayah, artinya, jika ada seorang muslim yang meninggal maka wajib atas orang yang masih hidup untuk melaksanakannya. Adapun urutan sebelum mengkafani mayat yaitu Memandikan, Mengkafani, Mengsholatkan, dan Mengkuburkan.

Dilain tempat, Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir, Letkol Marinir Roni Saputra, M.Tr.Opsla., sebagai prajurit Koprs Marinir ilmu agama sangat penting dalam pembentukan karakter prajurit, oleh sebab itu diharapkan prajurit dapat menambah ilmu keagamaan yang bermanfaat selama Bulan Suci Ramadhan 1445H.