Berpadu Melawan Stunting: Puskesmas Berampu, Babinsa, dan Pemangku Kepentingan Bersatu Padu

Sidikalang, Dairi (14 April 2024) – Guna mewujudkan generasi muda yang sehat dan cemerlang, Babinsa Koramil 02/Sidikalang Kodim 0206/Dairi, Serka H. Aritonang, mewakili Danramil 02/Sidikalang Kapten Inf T Aritonang, turut hadir dalam kegiatan Rapat Lintas Sektoral ke-I UPT Puskesmas Berampu di Aula Puskesmas Berampu, Kecamatan Berampu, Kabupaten Dairi.

Rapat yang dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Camat Berampu Rahmadayani Berapu, perwakilan Kapolsek Kota Aipda Rendo Simamora, perwakilan KUA Kecamatan Berampu Putra Berampu, Kepala Puskesmas Kecamatan Berampu dr Lidya Santi Siburian beserta tenaga medis, Kepala Desa se-Kecamatan Berampu, kader PKK, dan kader posyandu se-Kecamatan Berampu, ini menjadi wadah strategis untuk merumuskan langkah-langkah kongkret dalam memerangi stunting di wilayah Kecamatan Berampu.

Dalam rapat tersebut, Tim Pendamping Kesehatan memaparkan berbagai tantangan dalam upaya pencegahan stunting, seperti kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pola hidup sehat, keterbatasan kemampuan ekonomi masyarakat untuk memenuhi gizi yang layak, dan tingginya angka pernikahan muda yang berisiko melahirkan anak stunting.

Menanggapi hal tersebut, Kapuskesmas Kecamatan Berampu, dr Lidya Santi Siburian, menekankan pentingnya edukasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dan penyediaan gizi yang baik sejak bayi dalam kandungan untuk meminimalisir risiko stunting.

Rapat lintas sektoral ini menghasilkan beberapa kesepakatan penting, di antaranya:
✓Melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dan pentingnya gizi seimbang untuk mencegah stunting.
✓Meningkatkan koordinasi antar sektor terkait dalam upaya pencegahan stunting, termasuk penyediaan akses pelayanan kesehatan yang mudah dan terjangkau bagi masyarakat.
✓Memperkuat peran kader PKK dan kader posyandu dalam memantau perkembangan kesehatan ibu dan balita di wilayahnya.

Rapat lintas sektoral ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang efektif dalam mewujudkan generasi muda yang sehat dan bebas stunting di Kecamatan Berampu. Kolaborasi dan sinergi antar berbagai pihak menjadi kunci utama untuk mencapai tujuan tersebut.

Pada pukul 12.35 WIB, rapat lintas sektoral tingkat Kecamatan Berampu ini resmi ditutup dengan harapan komitmen dan keseriusan dari semua pihak untuk memerangi stunting di wilayah Kecamatan Berampu dapat terwujud.