Bersama Poktan Nagari Bomas, Babinsa Panen Perdana Padi Organik

OKEBUNG|
Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok, Serda Irwandi melaksanakan pendampingan SLAPO (Sekolah Lapang Pertanian Organik) bersama Poktan panen perdana padi organik tanpa olah tanah di Sekapur Sirih Nagari Bomas, Kabupaten Solok Selatan. Kamis, (12/1/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kadistan Solsel, Camat Sungai Pagu, Wali Nagari Bomas, Babinsa Sungai Pagu, PPL Nagari Bomas dan Anggota Poktan Sekapur Sirih.

Sekolah Lapang (SL) merupakan salah satu metode pembelajaran dan penyuluhan yang cukup efektif dalam mendukung peningkatan produktivitas dan produksi pertanian.

SL dapat berfungsi sebagai pusat pembelajaran manajemen dan teknologi, wahana pengkajian dan percontohan teknologi baru, tukar-menukar informasi dan pengalaman serta fokus pembinaan bagi poktan/gapoktan.

Serda Irwandi lebih lanjut mengatakan bahwa Sekolah Lapang Pertanian Organik merupakan tindak lanjut dari program Genta Organik atau Gerakan Tani Pro Organik yang dicanangkan oleh Menteri Pertanian.

Seperti kegiatan yang dilaksanakan saat ini panen perdana padi organik dengan teknologi tanpa olah tanah, bersama Poktan Sekapur Sirih Nagari Bomas, Kabupaten Solok Selatan.

“Semoga dengan adanya pertanian organik, petani tidak ketergantungan dengan pupuk kimia dan antisipasi kelangkaan pupuk,” tambah Babinsa.