Bersihkan Gulma Sayur-sayuran Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Bersama Petani Diwilayah Binaan

Kodam 1 BB1 views

Asahan  |  Kegiatan ini merupakan bagian program pemberdayaan masyarakat produktif sehingga memunculkan potensi masyarakat untuk berkembang di wilayah binaannya. Supaya hasilnya melimpah dan dapat mensejaterahkan petani, juga sebagai bentuk Komunikasi Sosial (Kosmos) untuk menciptakan kemanunggalan TNI terhadap masyarakat khususnya warga desa binaan, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Air Joman jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Hadi Ismanto turun kewilayah binaan untuk melaksanakan Anjangsana dalam rangka melaksanakan Wanwil dengan membantu merawat dan membersihkan gulma pada tanaman sayur dikebun milik Bapak Indra, dan Bapak Anto, kegiatan tersebut yang dilaksanakan berlokasi di Dusun 1 Desa Punggulan Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan, Selasa (25/06/2024).

Kegiatan tersebut bertujuan membantu dan pendampingan secara rutin terhadap petani sayur sekaligus memberikan motivasi serta semangat sehingga dimasa panen nantinya memperoleh hasil yang maksimal sekaligus dapat meningkatkan prekonomian para petani. Dalam kegiatan tersebut Babinsa membantu petani sayuran dengan membersihkan gulma/rumput, serta memberikan motivasi dan semangat dalam melakukan perawatan secara rutin dengan membersihkan tanaman dari rumput liar yang dpt menggangu pertumbuhan tanaman, sehingga dimasa panen nantinya mendapatkan hasil yang memuaskan. Babinsa secara aktif memberikan pendampingan kepada para petani yang ada di desa binaannya, Hal ini dilakukan dengan tujuan memberikan motivasi dan mendorong perekonomian para petani sekaligus meningkatkan ketahanan pangan kepada warga binaannya, ujarnya.

Kegiatan pendampingan kepada warga binaan yang membudidayakan tanaman Kangkung memanfaatkan lahan kosong juga sekaligus memberikan motivasi kepada warga lainnya. Kita juga menganjurkan kepada seluruh warga khususnya petani agar melakukan perawatan secara rutin dengan membersihkan tanaman dari rumput liar yang dapat menggangu pertumbuhan tanaman, sehingga dimasa panen nantinya dapat menghasil buah yang memuaskan, tidak hanya melakukan pendampingan kita menganjurkan untuk melakukan penyemprotan hama agar tanaman tetap subur dan jauh dari serangan penyakit yang mehambat tumbuh kembang tanaman. Pungkasnya.