Bertemu Pj. Bupati Bekasi, Danrem 051/Wkt Bahas Urban Farming Jababeka

Kodam Jaya368 Dilihat

BEKASI|
Danrem 051/Wkt Brigjen TNI Riyanto, S.I.P., bertemu dengan Pj. Bupati Bekasi Dr.H.Dani Ramdan, MT., untuk membahas pemanfaat lahan kosong di Jababeka untuk Urban Farming, di Jababeka golf & Country Club, Sertajaya, Kec. Cikarang Timur, Jababeka, Jawa Barat. Jum’at (12/1/2024)

Dalam pertemuan yang berlangsung di Jababeka golf & Country Club, Danrem 051/Wkt menyampaikan bahwa program ketahanan pangan adalah merupakan kebijakan pemerintah yang diitindaklanjuti oleh Panglima TNI, Kasad dan Pangdam Jaya dengan konsep sederhana dan mudah dilaksanakan yaitu berkolaborasi kepada semua pihak, baik dengan kampus, lingkungan, pemerintah, pemda, swasta dan instansi yang terkait, dengan harapan program berkelanjutan dengan mejalankan program urban farming dengan konsep pemanfaatan lahan kosong menjadi lahan produktif dengan tetap memperhatikan estetika kota yang meliputi manajemen air, Pemanfaatan lahan tidur di wilayah perkotaan, milik perusahaan, tanah pinggiran sungai, lahan kumuh dan kosong yang tidak bertuan.
“Kami sangat mendukung program Pangdam Jaya dan telah sepakat kerjasama program pemanfaatan lahan kosong (Urban Farming) dengan Direksi Jababeka, dengan lahan percontohan yang berlokasi di P44Q+RWF, Wangunharja, Kec. Cikarang Utara seluas ± 2 Ha, dan akan ditanami jagung dan ubi kayu sebagai tanaman pokok serta cabe sebagai tanaman tumpangsari,”ujar Danrem.
Pada kesempatan ini Danrem juga menjelaskan, beberapa contoh keberhasilan dalam pengolahan lahan kosong di Meulaboh Aceh Barat dijadikan lahan pertanian terpadu dan hasilnya dapat dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Pj. Bupati Bekasi Dr.H. Dani Ramdani, MT., menyambut baik dan bersedia berkolaborasi dengan program nasional ini yaitu pemanfaatan lahan kosong untuk lahan pertanian (Urban Farming).

Hadir pada pertemuan tersebut Kepala Dinas Pertanian Kab. Bekasi, Bidang Penyuluhan, Bidang Kapras, Kapala KPSDM Kab. Bekasi, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan jajaran.

@sumber : penrem 051