Beternak Ayam Kampung, Babinsa Berikan Motivasi Kepada Warga Guna Meningkatkan Perekonomian

OKEBUNG|
Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok, Serda Ul Awal melaksanakan kegiatan rutinitas pemeliharaan Ternak Ayam Kampung kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Program Pemberdayaan Prajurit Produktif dibidang peternakan.

Adapun ternak ayam kampung sekarang sebanyak 23 ekor dengan perkembangan ayam kampung sudah tumbuh semakin besar. Usaha ini untuk meningkatkan ekonomi keluarga dan juga dapat membantu warga, bertempat di Jorong Sawah Siluak Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Sabtu, 19 November 2022.

Selain kesibukannya sebagai Babinsa, Serda Ul Awal juga mempunyai rutinitas mengembangkan ternak ayam kampung sekaligus memberikan contoh kepada warga sekitar guna menambah penghasilan perekonomian keseharian.

Dirinya memanfaatkan lahan kosong miliknya untuk dijadikan tempat peternakan ayam kampung yang dikelola di kediamannya. “Di tengah kesibukan sebagai Babinsa saya juga memanfaatkan waktu seperti pulang dinas untuk beternak ayam,” tuturnya.

Tak dapat dipungkiri jika ayam menjadi salah satu hewan yang paling populer dijadikan santapan bagi masyarakat Indonesia. Pemeliharaan ayam dari segi makanan sangat mudah ditemui di manapun berada. Seperti, dari sisa makan di rumah atau sisa makanan dari warung-warung.

Kebutuhan akan ayam kampung yang terus semakin meningkat tidak diimbangi dengan produksi yang besar sehingga terjadi kekurangan persediaan ayam yang mengakibatkan harga ayam mahal,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan pemeliharaan ayam kampung ini juga tidak luput dari pembersihan kandang agar ayam terhindar dari penyakit dan menghilang kan bau supaya tidak menganggu kenyamanan bagi orang lain.

“Pemberian pakan ayam yang dilaksanakan setiap pagi dan sore agar ayam berkembang dengan cepat.”

“Dengan usaha tersebut juga dapat memotivasi menularkan usaha ternak ayam kampung ini kepada warga binaanya, sehingga dapat juga menciptakan lapangan kerja dan mampu mensejahterakan warga binaan,untuk meningkatkan swasembada pangan,” ungkapnya.