Brigjen TNI Dany Rakca, Menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024

RIAU|
Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P.,M.Han. menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 di Halaman Mapolda Riau Pekanbaru, Sabtu (2/3/2024)

Adapun yang bertindak sebagai Pimpinan apel Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK, MH, Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 Dilaksanakan Dalam Rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, Serta Untuk Mengetahui Sejauh Mana Kesiapan Personel Maupun Sarana Pendukung Lainnya, Sehingga Kegiatan Operasi Dapat Berjalan Dengan Optimal Dan Dapat Berhasil Sesuai Dengan Tujuan Serta Sasaran Yang Telah Ditetapkan.

Operasi Kepolisian Kewilayahan “keselamatan Lancang Kuning-2024” Akan Dilaksanakan Selama 14 (Empat Belas) Hari Dimulai Dari Tanggal 4 Maret Hingga 17 Maret 2024 Yang Dilaksanakan Secara Simpatik Dengan Mengutamakan Tindakan Preemtif, Preventif Dan Gakkum Secara Humanis. Untuk Mewujudkan Kamseltibcarlantas Yang Aman, Nyaman Dan Selamat Di Provinsi Riau.

Permasalahan Lalu Lintas Merupakan Masalah Yang Sangat Kompleks Dengan Dinamikanya Yang Beragam Terkait Dengan Tingginya Angka Pelanggaran Lalu Lintas, Kecelakaan Lalu Lintas Dan Kemacetan Sebagai Dampak Tingginya Pertumbuhan Jumlah Kendaraan Bermotor Yang Tidak Sebanding Dengan Pertumbuhan Infrastruktur Dan Yang Menjadi Perhatian Utama Adalah Masih Tingginya Angka Kecelakaan Lalu Lintas.

Berdasarkan Data Dari Direktorat Lalu Lintas Polda Riau Bahwa Tahun 2023 Data Kecelakaan Lalulintas Di Provinsi Riau Terdapat 1.570 Kasus, Dengan Korban Meninggal Dunia Sebanyak 563 Orang, Luka Berat Sebanyak 377 Orang, Luka Ringan Sebanyak 1.837 Orang Dan Kerugian Materi Sebanyak Rp. 8.471.650.000,- (Delapan Milyar Empat Ratus Tujuh Puluh Satu Juta Enam Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).
Dalam Mengatasi Permasalahan Bidang Lalu Lintas Tersebut Kita Tidak Bisa Berdiam Diri, Bahkan Kita Wajib Melakukan Berbagai Upaya Untuk Menciptakan Sinergi Antar Pemangku Kepentingan Yang Bertanggung Jawab Dalam Membina Dan Memelihara Kamseltibcarlantas.

Dalam Peraturan Presiden No 1 Tahun 2022 Tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalulintas Dan Angkutan Jalan Tahun 2021 Hingga Tahun 2040 Terdapat Program Nasional Keselamatan Lalulintas Dan Angkutan Jalan Yang Terdiri Dari Lima Pilar Yaitu:
Sistem Yang Berkeselamatan
Jalan Yang Berkeselamatan
Kendaraan Yang Berkeselamatan
Pengguna Jalan Yang Berkeselamatan
Penanganan Korban Kecelakaan
Kelima Pilar Ini Harus Bersinergi Dalam Mewujudkan Indonesia Yang Berkeselamatan di jalan raya.

Polri Saat Ini Khususnya Polantas Sedang Berupaya Bagaimana Mewujudkan Dan Memelihara Keamanan, Keselamatan Dan Kelancaran Berlalu Lintas Dengan Melakukan Berbagai Kegiatan Diantaranya Melakukan Kajian-kajian Lalu Lintas Terutama Dalam Menurunkan Tingkat Fatalitas Korban Kecelakaan Serta Pembinaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat Umum Maupun Masyarakat Terorganisir.

Salah Satu Upaya Yang Dilakukan Adalah Hari Ini Kita Melaksanakan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan Secara Serentak Yang Digabungkan Dengan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Yang Dihadiri Oleh Seluruh Elemen Masyarakat Terorganisir Maupun Tidak Terorganisir.

Kegiatan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan Yang Didalamnya Berisi Pengucapan Ikrar Bersama Mewujudkan Keselamatan Jalan Adalah Bertujuan Mengkampanyekan Aksi Keselamatan Jalan. Saya Berharap Semua Yang Hadir Dalam Kegiatan Hari Ini, Menjadi Duta Pelopor/Pionir Keselamatan Dalam Berlalulintas.

Sampaikan Kepada Para Keluarga, Sahabat, Dan Komunitas Yang Lain Akan Pentingnya Budaya Tertib Berlalulintas, Karena Dalam Menggunakan Kendaraan Bermotor Tidak Cukup Hanya Dengan Terampil Saja, Tetapi Juga Dibutuhkan Etika Berlalulintas Yang Baik Dan Benar, Adanya Kepedulian, Empati Dan Toleransi Saat Berkendara.

Saya Berharap Dengan Dilaksanakan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 Yang Digabung Dengan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan Ada Dampak Yang Signifikan Kepatuhan Masyarakat Terhadap Disiplin Dalam Berlalu Lintas Sehingga Pada Akhirnya Akan Terwujud Zero Traffic Accident .

Ada Beberapa Hal Penekanan Dan Arahan Dari Saya Sebagai Pedoman Dalam Pelaksanaan Operasi Keselamatan Lancang Kuning-2024 Antara Lain Yaitu :
Selalu Bertaqwa Terhadap Tuhan Yang Maha Esa;
Jaga Keselamatan Anda Dalam Pelaksanaan Tugas;
Peningkatan Disiplin Anggota Polantas Dan Terwujudnya Pelayanan Polantas Yang Bersih Dari Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme;
Terwujudnya Masyarakat Yang Tertib Dan Patuh Hukum Dalam Berlalu Lintas.
Hindari Kegiatan Atau Aktifitas Yang Kontra Produktif, Jangan Menjadi Pemicu Keributan/Berita Negatif.Kepada Undangan Klub-klub Komunitas Dapat Menjadi Duta-duta Keselamatan Berlalu Lintas Sehingga Lalu Lintas Yang Aman Selamat Tertib Dan Lancar Dapat Terwujud.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut Pj Gubernur Provinsi Riau Ir. S.F Hariyanto,M.T, Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman,S.Si .,M.M, Danlanud RSN Marsma TNI diwakili oleh Kadis Ops Lanud RSN (Letkol Pnb Ignatius Widi Nugroho P), Danlanal Dumai diwakili oleh Danden Pom Lanal Dumai Mayor Laut (PM) Syaparudin, Kabinda Riau Brigjen TNI R. Wibisono, Waka Polda Riau Brijen Pol Kasihan Rahmadi SH, MH,Dandim 0301/Pekanbaru,Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos.,M.I.Pol, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jeki Rahmad Mustika,S.I.K, Komandan Polairud , AKBP Andi Yul, Dansat Brimob Polda Riau Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho S.I.K, M.Han, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Andi Yanto, SH, MH, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Dr. H. Harun S, SH., M.H, Kepala Cabang Jasa Raharja Riau Hasjuddin SE, MM, PJU Polda Riau dan -+ 150 orang Tamu Undangan lainnya.

Penrem 031