Budidaya Ikan Lele di Halaman Belakang Rumah: Kisah Sukses Babinsa Koramil 03/Parongil Kodim 0206/Dairi, Koptu HK.Sipayung

Sidikalang 17 Maret 2024 – Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan di tengah masyarakat, Babinsa Koramil 03/Parongil Kodim 0206/Dairi, Koptu HK.Sipayung, menunjukkan inisiatif yang luar biasa dengan memimpin budidaya ikan lele di halaman belakang rumahnya di kelurahan Parongil, kecamatan Parongin, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

Dikenal sebagai salah satu anggota terbaik di wilayahnya, Koptu HK.Sipayung telah menjadi contoh bagi masyarakat setempat dalam mengembangkan praktik pertanian dan budidaya. Dalam usahanya yang dijalankan dengan ketekunan, ia memberikan perhatian khusus pada budidaya ikan lele, sebuah sumber protein hewani yang penting bagi kebutuhan pangan lokal.

“Kami sangat terinspirasi oleh dedikasi dan semangat Pak Koptu HK.Sipayung dalam memperkenalkan praktik budidaya yang inovatif di komunitas kami. Langkahnya telah menjadi pemicu bagi pertumbuhan ekonomi lokal dan ketahanan pangan,” ujar salah satu warga setempat.

Selain menunjukkan keahlian dalam budidaya ikan lele, Koptu HK.Sipayung juga memberikan perhatian khusus pada aspek pemeliharaan dan pemberian pakan yang rutin bagi ikan-ikan tersebut. Dengan pengalaman dan pengetahuannya, ia telah berhasil menciptakan lingkungan yang optimal bagi pertumbuhan ikan lele tersebut.

Menanggapi keberhasilan ini, Danramil 03/Parongil, Kapten Inf Ahuy F Sagala, “Kami bangga memiliki anggota seperti Koptu HK.Sipayung yang tidak hanya bertugas menjaga keamanan wilayah, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat melalui inovasi dan kerja kerasnya.”

Diharapkan, kesuksesan Koptu HK.Sipayung dalam budidaya ikan lele ini akan menginspirasi masyarakat lainnya untuk mengembangkan praktik pertanian dan peternakan di tingkat rumah tangga, sehingga dapat meningkatkan kemandirian pangan dan ekonomi lokal.