Bukber di SDN Jamus 2, Anggota Polsek Ngluwar Isi Sosialisasi Harkamtibmas Jelang Idul Fitri 1445 H

OKEBUNG | Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jamus 2 Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang menggelar buka puasa bersama dengan pengurus Komite Sekolah dan orangtua murid kelas satu sampai kelas enam pada Sabtu (30/3/2024).

Acara bukber berlangsung di ruang kelas. Tampak orangtua siswa berdatangan pada pukul 16.30 WIB. Sementara itu, depan pintu masuk  ruangan tampak dijaga oleh beberapa guru dan perwakilan orangtua siswa menyambut undangan yang datang. Para orangtua siswa yang datang diminta mengisi daftar hadir yang sudah disiapkan di meja penyambutan tamu.

Sebelum bukber dimulai, anggota Bhabinkamtibmas dari Polsek Ngluwar, Polresta Magelang, Aiptu Sukirja, mengisi sosialisasi Harkamtibmas.

Aiptu Sukirja yang mewakili Kapolsek Ngluwar, menyampaikan beberapa hal terkait Harkamtibmas selama bula  suci Ramadhan dan menyambut lebaran Idul Fitri 1445 H.

Di hadapan peserta bukber, Aiptu Sukirja berpesan bahwa peran serta para guru, orangtua murid untuk membantu kepolisian dalam mencegah kenakalan remaja. Khususnya yang sering terjadi akhir-akhir ini di wilayah hukum Polresta Magelang yakni tawuran yang melibatkan anak usia sekolah.

“Kejadian-kejadian seperti ini jangan sampai terjadi di wilayah Ngluwar. Untuk mencegah itu terjadi orangtua diharapkan mampu mengawasi putra-putrinya. Jika tidak berada di rumah di atas pukul 21.00 WIB, maka orangtua jangan diam saja tetapi mencari tahu keberadaan putra-putrinya,” kata Aiptu Sukirja.

Dia juga mengajak orangtua untuk mengawasi HP milik putra-putrinya agar diketahui berkomunikasi dengan siapa dan apa saja yang dibicarakan.

Mewakili Kapolsek Ngluwar, Aiptu Sukirja memberikan sosialisasi Harkamtibmas di acara bukber bersama dewan guru, komite sekolah dan orangtua siswa SDN Jamus 2. (Ft. Muhiz)

“Ingat, mari anak-anak kita diajak menghindari petasan, miras, tawuran, Narkoba dan perbuatan yang melanggar hukum. Termasuk menggunakan knalpot brong,” pesan Aiptu Sukirja.

Sementara itu, Ustadz H Sesuyadi yang mengisi ceramah agama pengantar bukber mengapresiasi kehadiran Bhabinkamtibmas di acara ini. Pasalnya, bukber ini momentum untuk menjalin silaturahmi antara guru, orangtua siswa, pengurus komite sekolah dan seluruh siswa.

“Saya apresiasi pak polisi Ngluwar, karena berkenan hadir bersama kita di acara bukber ini. Inilah bukti polisi selalu ada bersama warga,” kata Ustadz H Sesuyadi dari Gatak.

Hadir dalam bukber bersama di SDN Jamus 2 yakni Kepala Sekolah, Ketua Komite, dewan guru, para ketua paguyuban orangtua kelas satu sampai kelas enam. (Muhiz)